Kamis 25 Agustus 2022, 23:38 WIB

Titimangsa-Indonesia Kaya akan Hadirkan Pentas Sudamala

mediaindonesia.com | Hiburan
Titimangsa-Indonesia Kaya akan Hadirkan Pentas Sudamala

ANTARA FOTO
Jumpa pers bersama para sponsor dan produser pentas “Sudamala: Dari Epilog Calonarang” di Jakarta Selatan

 

TITIMANGSA bersama dengan Indonesia Kaya akan menghadirkan produksi ke-59 yang bertajuk 'Sudamala: Dari Epilog Calonarang'. Pentas tersebut akan berlangsung pada bulan September.

“Untuk membawa seni tradisi keluar dari Bali, membagi pengalaman yang kami rasakan kepada penonton di Jakarta misalnya, bukan hal yang mudah. Kami ingin menghadirkan pentas seni tradisi namun dengan tampilan dan bahasa yang universal,” kata Happy Salma selaku produser untuk acara tersebut.

"Ini juga tantangan bagi kami untuk membuat formula baru dengan durasi yang jauh lebih pendek, karena biasanya pertunjukan seni tradisi bisa berlangsung 6 sampai 8 jam,” imbuhnya.

Pementasan “Sudamala: Dari Epilog Calonarang” adalah karya kolaborasi antara 80 orang seniman dan maestro Bali juga kota lainnya. Acara ini akan menjadi pentas tradisi pertama Titimangsa di area terbuka di tengah hiruk pikuk kota Jakarta.

Baca juga: Jajang C Noer Kembali ke Atas Panggung Lewat Pentas Under The Volcano

Pementasan ini terinspirasi dari pentas tradisi Bali yang berakar dari sastra. “Sudamala: Dari Epilog Calonarang” akan digelar pada 10-11 September 2022 di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

“Apa yang akan ditampilkan di Jakarta akan sesuai dengan tradisi kuno yang sudah berlangsung ratusan tahun di Bali, namun dengan sentuhan dan tampilan teknologi modern serta tokoh Bondres yang akan menyampaikan kisah dalam bahasa Indonesia,” jelas maestro Calonarang I Made Mertandi.

“Pemerintah ini juga berkolaborasi dengan seniman-seniman seni pertunjukan luar Bali untuk memberikan perspektif dan cara pandang dari kacamata luar Bali,” lanjutnya.

Nicholas Saputra dan Happy Salma diketahui menyiapkan pementasan ini sejak akhir tahun 2021. Selama pandemi covid-19, Nico menghabiskan banyak waktu di Ubud, Bali. Dia pun kerap berdiskusi dengan Happy mengenai seni pertunjukan di Bali termasuk Calonarang.

Pementasan ini akan didukung oleh OPPO Indonesia, Mandiri Private, Grab sebagai official transport partner, Traveloka Priority, Menzel Ubud Hotel, Imugard, Amaris Hotel Mangga Besar Jakarta, KawanKawan Media, dan Direktorat Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek RI.(Ant/OL-5)
 

Baca Juga

AFP/Sebastien Bozon.

Christian Bale Harus Isolasi Diri dari Chris Rock

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 28 September 2022, 20:05 WIB
Aktor Christian Bale biasanya tidak memiliki masalah untuk mengubah karakternya di...
Instagram @vinogbastian__

Demi Film Qodrat, Vino G Bastian Belajar Cara Melakukan Rukiah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 12:54 WIB
Selain belajar gerakan-gerakannya, Vino juga berlatih bacaan Al Quran yang digunakan dalam rukiah dari ahlinya...
Instagram @e_xiu_o

Xiumin EXO Rilis Mini Album Solo Perdana

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 12:40 WIB
Mini album yang dirilis pada 26 September 2022 itu berisi lima lagu, yaitu Brand New, How We Do, Feedback, Love Letter dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya