Senin 04 Juli 2022, 07:45 WIB

Ini Tips Mengelola Keuangan Keluarga dari Pasangan Indra Brasco dan Mona Ratuliu

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Ini Tips Mengelola Keuangan Keluarga dari Pasangan Indra Brasco dan Mona Ratuliu

Instagram @monaratuliu
Pasangan selebritas Indra Brasco dan Mona Ratuliu

 

PASANGAN selebritas Indra Brasco dan Mona Ratuliu membagikan tips dalam mengelola keuangan keluarga agar lebih teratur.

"Kita bisa mulai dengan menetapkan ekspektasi bersama idengan pasangan. Dengan kita membicarakan finansial bersama, kita jadi tahu apa sih kebutuhan yang sedang dibutuhkan sekarang. Strateginya mau seperti apa, goals-nya seperti apa, kita saling terbuka," kata Indra saat diskusi daring, dikutip Senin (4/7).

"Dengan kondisi seperti ini, kita jadi bisa saling tahu apa yang dibutuhkan oleh pasangan kita. Apa sih yang aku butuhin gitu. Sehingga, dengan adanya diskusi ini akan membantu sekali untuk kita sama-sama berpegangan tangan, memberikan support agar benar-benar mencari solusi," sambungnya.

Baca juga: Indra Brasco Tegaskan Apresiasi Diri Itu Penting

Menanggapi pendapat Indra, Mona pun mengatakan keterbukaan dalam komunikasi finansial memang penting. 

Tidak hanya itu, menurut Mona, pasangan kini dapat membagi tugas dalam mengatur perekonomian. Sehingga, beban tersebut tidak hanya ditanggung oleh istri atau suami saja.

"Aku sih satu suara ya sama Indra. Yang penting komunikasi, terbuka, jadi ekspektasinya sama menyangkut si finansial ini. Terus buat aku sih, secara keluarga kan sekarang sudah nggak kayak dulu ya. Kita bisa berbagi tugas masalah finansial, misalnya kecil-kecil hari-hari aku yang fokus urus finansial. Yang gede-gede kayak bayar sekolah anak bisa Indra," ujar Mona.

Sementara itu, untuk mengedukasi anak terkait finansial, Mona mengatakan istri dan suami harus memiliki pendapat yang sama. Dengan demikian, anak pun dapat lebih menghargai uang, paham kerja keras, dan bisa menerapkan hidup hemat.

"Kalau soal mengedukasi anak soal finansial, ini mesti kompak juga sih sebagai orangtua. Biar nggak bingung. Misal ayahnya, 'Udah jajan saja', sementara mamanya, 'Udah hemat yuk hemat'. Jadi harus satu suara juga di depan anak-anak. Biar anak juga bisa menghargai uang, paham arti kerja keras, untuk dapat sesuatu nggak mudah, tentunya ujungnya biar dia nggak boros," jelas Mona.

Kemudian, di era serba digital ini Mona dan Indra pun juga memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan. Sebab, platform digital dapat memudahkan keluarga dalam mengatur dan melihat alur keuangan yang lebih terstruktur.

"Terakhir, kita juga mesti bisa manfaatin platform digital untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan keluarga. Trik ini paling benar-benar berguna. Apalagi untuk keluarga masa kini yang pengeluaran dan keinginannya banyak banget. Jadi lebih terstruktur," papar Mona.

"Platform digital ini juga berguna untuk edukasi finansial anak-anak. Biasanya akhir minggu atau akhir bulan, aku sama anak-anak suka review pengeluaran mereka apa saja. Dulu-dulu suka suruh catat tapi pada kelupaan terus. Sekarang kan jadi lebih ketahuan dan jelas," tutupnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Film 12 Cerita Anggara Merangkum Segala Spektrum Emosi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:58 WIB
“Lagi-lagi film saya bertemakan remaja, tapi kali ini bukan hanya cinta-cintaan saja tapi penuh makna. Kalau sebelumnya banyak...
Dok. Pemprov Jateng

Konser Musik Rapsodia Nusantara Digelar Peringati HUT RI dan HUT Jateng

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 20:02 WIB
Pagelaran musik yang disajikan dalam format orkestra itu menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Dwiki Dharmawan bersama World Peace...
Instagram @chintyagabriella

Tak Apa Tanpamu, Single Terbaru Chintya Gabriella

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:30 WIB
Tak Apa Tanpamu menceritakan proses move on dari sebuah hubungan asmara yang kandas dengan mengusung nada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya