Selasa 05 Oktober 2021, 13:05 WIB

Kru Asal Rusia Bersiap Buat Film Pertama di Luar Angkasa

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Kru Asal Rusia Bersiap Buat Film Pertama di Luar Angkasa

AFP/Andrey SHELEPIN / GCTC/Russian space agency Roscosmos
Aktris Rusia Yulia Peresild (kiri) dan sutradara Klim Shipenko (kanan) bersiap bertolak ke ISS untuk syuting film.

 

AKTRIS Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko, Selasa (5/10) waktu setempat, akan bertolak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia untuk membuat proyek film.

Mereka akan didampingi kosmonot veteran Anton Shkaplerov, yang telah menjalankan tiga misi ke luar angkasa. Ketiganya akan berada di pos luar angkasa itu selama 12 hari sebelum akhirnya kembali ke Bumi.

Para kru berencana merekam segmen film baru berjudul Challenge, yang berkisah tentang seorang ahli bedah yang mendapat panggilan agar bergegas ke stasiun luar angkasa untuk menyelamatkan seorang anggota kru yang menderita penyakit jantung.

Baca juga: William Shatner akan Terbang ke Luar Angkasa

Peresild mengakui pelatihan untuk misi itu melelahkan tetapi, menurutnya, ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. 

Ia mengatakan sulit baginya untuk beradaptasi dengan disiplin dan tuntutan ketat yang diperlukan selama pelatihan.

"Ini keajaiban, kesempatan yang luar biasa. Kami bekerja sangat keras dan sangat kelelahan, meskipun tetap bersemangat dan tersenyum. Ini sulit secara psikologis, fisik, dan moral. Tapi saya pikir begitu kami mencapai tujuan, semua itu akan tampak tidak begitu sulit dan kami akan mengingatnya dengan senyuman," kata aktris berusia 37 tahun itu saat konferensi pers di fasilitas peluncuran Rusia di Baikonur, Kazakhstan, Selasa (5/10).

Sutradara Shipenko, yang dikenal karena beberapa film yang sukses secara komersial, termasuk film 2019 berjudul Kholop, yang memecahkan rekor box office Rusia, juga mengatakan pelatihan sebelum berangkat ke luar angkasa itu sulit.

Shipenko mengatakan dia senang menjadi pembuat film pertama di luar angkasa dan ingin bereksperimen dengan pencahayaan, pengaturan kamera, dan aspek teknis lainnya. Ia optimis bahwa krunya telah sepenuhnya siap untuk penerbangan setelah pelatihan.

"Tidak ada yang memiliki pengalaman itu sebelumnya: untuk mempersiapkan orang-orang yang tidak memiliki hubungan apa pun dengan
program luar angkasa untuk penerbangan luar angkasa," katanya sambil menambahkan hal itu dapat berguna di masa depan.

Begitu mereka tiba di stasiun luar angkasa, ketiga pendatang baru itu akan bergabung dengan Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa; Mark Vande Hei, Shane Kimbrough, dan Megan McArthur dari NASA; Aki Hoshide dari Japan Aerospace Exploration Agency; serta Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov dari Roscosmos.

Rencana pembuatan film masih samar, tetapi Shipenko mengatakan Shkaplerov, Novitskiy, dan Dubrov akan berperan dalam film baru. 

Novitskiy, yang berperan sebagai kosmonot yang sakit dalam film tersebut, akan mengambil kursi kapten di kapsul Soyuz untuk membawa kru kembali ke Bumi pada 17 Oktober. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Synchronize Fest Rilis 100 NFT Sekaligus Jadi Tiket Seumur Hidup

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 22:10 WIB
NFT ini dapat dimenangkan oleh 100 pemilik tiket #TimNonRefund yang beruntung melalui sistem pengundian secara langsung melalui...
DOK Pribadi.

Edukasi, Drg Tri Putra Bikin Konten Pembersihan Karang Gigi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 17:05 WIB
Dalam proses dokumentasinya, dokter Tri mengakui bahwa memang dibutuhkan waktu lebih lama untuk membuat video sambil dirinya praktik kerja...
Visinema

Nirina Zubir Sebut Keluarga Cemara 2 Angkat Keresahan Ibu-Ibu Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 16:40 WIB
Mengomentari trailer yang baru saja dirilis, Nirina Zubir sebut permasalahan atau konflik yang diangkat oleh Keluarga Cemara 2 akan dekat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya