Senin 05 Desember 2022, 23:52 WIB

Garuda Tambah Armada Hasil dari Suntikan PMN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Garuda Tambah Armada Hasil dari Suntikan PMN

Antara
Ilustrasi maspakai Garuda Indonesia

 

PENYERTAAN Modal Negara (PMN) kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebesar Rp7,5 triliun akan cair bulan ini. Keperluan dana tersebut, 60% untuk restorasi pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, dengan restorasi tersebut akan menambah operasional armada Garuda Grup. Total ada 120 armada bakal dioperasikan. Saat ini Garuda Indonesia maupun Citilink telah mengoperasikan 80 unit pesawat.

Selama pandemi covid-19, sejumlah pesawat Garuda dikandangkan atau grounded karena jumlah penumpang turun drastis sehingga operasional pesawat berkurang. Dibutuhkan perawatan rutin terhadap pesawat tersebut agar beroperasi kembali.

"(PMN) ini harus cair karena ini masuk dalam budget APBN tahun ini, paling telat 22 Desember. Targetnya memang segitu (120 pesawat) dan kita serius untuk restorasi ini," kata Irfan di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

Selain Garuda, pesawat Citilink juga tengah direstorasi. Irfan menjelaskan, secara keseluruhan PMN Rp7,5 triliun akan digunakan untuk maintenance, restorasi, serta modal kerja.

PMN Garuda ini ditandai dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43/2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke Dalam Modal Saham Perusahaan Negara (Persero) PT Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia.

"Rp7,5 triliun itu untuk banyak hal. Alhamdulililah operasional kita positif. Beberapa hal lainnya kita manfaatkan untuk dana operasional dan restorasi Boeing 737," terangnya.

Diakui Irfan, ada keterlambatan dalam pencairan dana PMN dari pemerintah yang seharusnya diberikan pada November lalu. Hal ini karena masih menunggu dirampungkannya dua peraturan pemerintah lainnya, yakni PP mengenai privatisasi Garuda Indonesia dan PP tentang penerbitan obligasi wajib konversi (OWK).

"Jadi ada sedikit keterlambatan. Saya terlibat aktif dalam proses PP sampai nanti kemudian ini diselesaikan," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mendukung Garuda Indonesia untuk melakukan penyelesaian proses pencairan PMN, proses konversi OWK menjadi saham dan konversi utang kreditur menjadi saham. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Kemenpan RB Dukung Pencapaian Target Penurunan Kemiskinan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:47 WIB
Reformasi birokrasi tematik yang mencakup penanggulangan kemiskinan itu dilakukan dengan memetakan masalah yang menjadi penghambat capaian...
Ist

Brand Kosmetik dan Permen Berkolaborasi Hadirkan Produk Unik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 21:08 WIB
Kolaborasi dilakukan merek kosmetik Implora Cosmetics dan permen Relaxa. Hasilnya, inovasi produk unik yang menarik...
Ist

Apresiasi Pengguna PLN Mobile, PLN Bagikan Ratusan Hadiah Gelegar Cuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:42 WIB
Dalam acara yang digelar di Benteng Vastenburg, Kota Solo pada Sabtu, (28/1) tersebut, ratusan pelanggan setia PLN Mobile membawa pulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya