Kamis 03 November 2022, 17:20 WIB

Menkeu Yakin Neraca Dagang Surplus Tahan Arus Modal Keluar

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Menkeu Yakin Neraca Dagang Surplus Tahan Arus Modal Keluar

Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Pekerja melakukan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

 

NERACA perdagangan Indonesia kuartal III 2022 tercatat surplus US$14,9 miliar. Ini dapat meredam capital outflow akibat penaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat atau The Fed.

"Kinerja positif neraca perdagangan dapat menekan arus modal keluar nonresiden pada investasi portfolio yang mencapai US$2,1 miliar akibat penaikan suku bunga di AS yang agresif serta ketidakpastian pasar keuangan global," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) IV Tahun 2022, Kamis (3/11).

Lebih lanjut, terkait dengan sisi eksternal Indonesia, kinerja ekspor juga diperkirakan masih tetap kuat, khususnya untuk komoditas batu bara, CPO, besi, dan baja. Ini seiring permintaan dari berbagai negara mitra dagang utama yang juga masih kuat serta akibat dari kebijakan pemerintah untuk terus mendorong ekspor CPO beserta turunannya.

Baca juga: Menkeu: PMI Manufaktur RI Masih Berada di Zona Ekspansif

Sementara itu, neraca transaksi modal dan finansial masih akan ditopang oleh realisasi positif dari Penanaman Modal Asing (PMA).

Posisi cadangan devisa pada akhir September 2022 juga masih tetap kuat dam tercatat pada level yang masih tinggi yaitu US$130,8 miliar atau setara 5,9 bulan impor. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pakar Kebijakan Pertanian: Jika Data BPS Suplus, Kenapa Harus Impor Beras?  

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:29 WIB
Pakar Ekonomi dan kebijakan pertanian Prof. Pantjar Simatupang mempertanyakan rencana langkah Bulog mengimpor beras dari luar negeri untuk...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Inflasi Turun Menjadi 5,42% pada November 2022

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:38 WIB
Ia membeberkan pendorong inflasi harga diatur pemerintah adalah kenaikan harga bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan dalam...
Antara/Galih Pradipta

Provinsi Jabar dan Jatim Pastikan Stok Beras Aman dan Tidak Perlu Impor

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:28 WIB
Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur menegaskan bahwa produksi beras di tahun 2022 mengalami surplus sehingga pemerintah pusat tidak perlu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya