Kamis 03 November 2022, 15:43 WIB

Menkeu: PMI Manufaktur RI Masih Berada di Zona Ekspansif

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Menkeu: PMI Manufaktur RI Masih Berada di Zona Ekspansif

Antara
Menkeu Sri Mulyani seusai menghadiri rapat koordinasi di Istana Negara.

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa PMI manufaktur Indonesia masih berada di zona ekspansif. Hal ini tercermin dari capaian PMI manufaktur Indonesia per Oktober 2022 yang berada di level 51,8.

Meski masih berada di zona ekspansif, angka tersebut nyatanya mengalami penurunan dibandingkan posisi September 2022, yakni pada level 53,7.

"Pada Oktober 2022, PMI manufaktur masih masuk zona ekspansif, yaitu level 51,8. Sedikit turun dari posisi September 2022 yang berada pada level 53,7," jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (3/11).

Baca juga: Ekonomi Tiongkok Melambat, IMF: Berdampak ke Kawasan Asia

Ani, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa pada September 2022, Indeks Penjualan Riil (IPR) mengalami pertumbuhan 5,5% secara tahunan (yoy). Sementara itu, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) juga masih menunjukkan persepsi konsumen yang ekspansif, yaitu pada level 117,2.

"Posisi ini memang lebih turun dari Juni yang pada level 128,2. Ini merupakan dampak penyesuaian harga BBM yang menimbulkan tingkat kenaikan harga," tuturnya.

Baca juga: Sri Mulyani Optimis Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III 5,5%

Menurut Bendahara Negara, perbaikan ekonomi nasional juga terlihat pada kinerja lapangan usaha utama, yaitu sektor perdagangan, pertambangan, serta pertanian.

"Kita melihat dari sisi demand, konsumen masih cukup kuat, ekspor masih baik. Lalu, dari sisi supply side, lapangan usaha utama, yakni perdagangan, pertambangan dan pertanian, juga menunjukkan kinerja yang membaik," pungkas Ani.(OL-11)

Baca Juga

INARO TUJUH BELAS

Indonesia Bersiap Gelar Bali International Airshow 2024 

👤RO 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:05 WIB
BIA 2024 diharapkan mampu mempertemukan kalangan bisnis aviasi baik dari dalam maupun luar negeri, meningkatkan kerja sama bilateral antara...
Antara

Apindo: Aturan Menaker Tingkatkan PHK, Susutkan Lapangan Kerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:02 WIB
Sebab, Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 akan menaikkan beban biaya usaha, yang berujung pada langkah efisiensi, seperti PHK, untuk menjaga...
ANTARA

Inflasi Pangan Diramalkan Masih dalam Batas Wajar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:59 WIB
Harga pangan yang meningkat juga disebabkan produksi seperti padi atau beras relatif rendah di bulan November dan Desember...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya