Kamis 03 November 2022, 12:23 WIB

Pertamina Terima Dana Kompensasi BBM Rp137,6 Triliun dari Pemerintah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Terima Dana Kompensasi BBM Rp137,6 Triliun dari Pemerintah

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

 

PT Pertamina (Persero) mengapresiasi dukungan pemerintah melalui Kementerian Keuangan yang telah melakukan pembayaran dana kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) Semester 1 Tahun 2022 sebesar Rp 137,62 triliun (termasuk pajak) atau Rp118,62 triliun (tidak termasuk pajak).

Dana tersebut merupakan kompensasi selisih harga jual formula dan harga jual eceran di SPBU atas kegiatan penyaluran Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite yang nilainya telah di-review oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang mempercepat pembayaran dana kompensasi BBM yang telah disalurkan Pertamina di semester 1 2022," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam keterangannya, Kamis (3/11).

Pertamina, lanjut Nicke, akan terus berupaya untuk melakukan upaya, agar BBM Bersubsidi ini secara optimal dikonsumsi oleh masyarakat yang berhak. Upaya-upaya tersebut antara lain penggunaan teknologi informasi untuk memantau pembelian BBM Bersubsidi di SPBU-SPBU secara real time.

Baca juga: Tambah 69 Titik, BBM Satu Harga Pertamina Hadir di 123 Kabupaten di Indonesia

Lalu yang kedua, program penguatan sarana dan fasilitas digitalisasi di SPBU. Hasilnya semakin banyak SPBU yang terkoneksi dengan sistem digitalisasi Pertamina, sehingga telah memudahkan monitoring dan pengawasan.

Pertamina juga terus meningkatkan kerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan kegiatan penyalahgunaan BBM bersubsidi yang tidak sesuai peruntukannya.

Di samping itu, Nicke mengatakan, Pertamina juga terus melakukan efisiensi biaya operasional, baik di tingkat Holding maupun Subholding. Sampai dengan September 2022, realisasi program efisiensi biaya di Pertamina Group telah mencapai US$535,56 juta atau sekitar Rp7,83 triliun.

“Pertamina terus melakukan penguatan dalam penyediaan dan pendistribusian BBM Bersubsidi, agar lebih efisien dan optimal," pungkas Nicke. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi.

Bulog Sebut Terdapat Penggilingan Padi yang Nakal

👤Ficky Ramadhan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:28 WIB
Terdapat data penggilingan yang jumlah pasokan berasnya berbeda dengan data kontrak yang sudah dibuat oleh...
ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Butuh Belanja Modal Rp90 T, Alasan PHE Melantai di Bursa

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
Alasan rencana aksi korporasi tersebut untuk kebutuhan pendanaan belanja modal atau capital expenditure (capex) PHE yang mencapai US$4...
MI/Iwan Kurniawan.

BUMN Farmasi Dorong Industri Kesehatan Naik Kelas

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:18 WIB
Kerja sama ini bentuk upaya konkret dari Kementerian BUMN dalam hal ini holding farmasi untuk bisa mengembangkan sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya