Senin 25 Juli 2022, 10:34 WIB

Awal Pekan Ini, IHSG Dibuka Menguat ke Level 6.890

Ficky Ramadhan | Ekonomi
Awal Pekan Ini, IHSG Dibuka Menguat ke Level 6.890

Antara
Pekerja membersihkan dinding dekat layar pergerakan IHSG di gedung BEI, Jakarta.

 

PERGERAKAN Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) pada Senin (25/7) ini dibuka menguat 3,87 poin atau 0,06% ke posisi 6.890,84. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,78 poin atau 0,08% ke posisi 974,82.

Dalam menit-menit awal perdagangan, penguatan IHSG sudah menembus 0,20% dan mencapai level 6.900. Dalam sepekan terakhir, IHSG diketahui menguat 3,46%.

Adapun pada pembukaan IHSG hari ini, terdapat 8 indeks sektoral menghijau dan menopang penguatan IHSG. Sedangkan, dua indeks sektoral turun ke zona merah.

Baca juga: Harga Minyak Turun Tertekan Isu Kenaikan Suku Bunga Fed

Tiga indeks sektoral dengan penguatan terbesar adalah indeks saham IDX Sektor Energi yang naik 0,66%. Lalu, ada indeks saham IDX Sektor Perindustrian naik 0,50% dan indeks saham IDX Sektor Barang Konsumen Primer yang naik 0,37%.

Sedangkan, indeks sektoral yang turun ke zona merah adalah indeks saham IDX Sektor kesehatan yang turun 0,01%. Lalu, indeks saham IDX Sektor transportasi yang turun 0,91% dan indeks saham IDX Sektor Teknologi yang turun 0,18%.

Baca juga: Bank Sentral Sedunia Hadapi Tantangan yang Kompleks

Pekan ini, pasar keuangan global akan fokus pada agenda pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). Berdasarkan konsensus, The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps).

Namun, pasar akan lebih menyimak outlook kenaikan suku bunga di beberapa bulan ke depan. Dengan turunnya harga minyak hingga US$95 per barel, pasar mulai khawatir bahwa tren kenaikan suku bunga acuan akan menurunkan permintaan global.

Di sisi lain, tekanan baru muncul dari kebijakan WHO terkait penyakit cacar monyet (monkeypox), yang dinyatakan sebagai pandemi global.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

Antara

Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan Konsumsi Pertalite

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:51 WIB
Hal itu penting untuk dilakukan agar beban subsidi dalam postur APBN tidak semakin membengkak. Diketahui, belanja untuk subsidi energi...
Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya