Jumat 01 Juli 2022, 14:49 WIB

Inflasi Tahunan Melejit, BI belum Naikkan Suku Bunga Acuan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Inflasi Tahunan Melejit, BI belum Naikkan Suku Bunga Acuan

Antara/Asep Fathulrahman.
Warga berbelanja sayuran di Pasar Induk Rau Kota Serang, Banten, Jumat (1/7/2022).

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis inflasi pada Juni 2022 yang tercatat 0,62% secara bulanan. Namun, jika dilihat secara tahunan, inflasi mencapai 4,35%. Terhitung dari Januari-Juni 2022, inflasi sebesar 3,19%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa peningkatan inflasi ini disebabkan oleh kenaikan harga bahan makanan. Meskipun demikian, dia memastikan bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga acuan karena inflasi komponen inti yang dikatakan masih tercatat rendah.

"Inflasi inti masih tercatat cukup rendah, sehingga memberikan suatu ruang fleksibilitas bagi kami untuk tidak buru-buru menaikkan suku bunga," ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Badan Anggaran DPR, Jumat (1/7).

 

Dari data BPS, inflasi komponen inti pada Juni 2022 tercatat 0,19% jika dilihat secara bulanan. Secara tahunan, inflasi komponen inti tercatat mencapai 2,63% dan dari Januari-Juni 2022 mencapai 1,82%.

Perry juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan Banggar yang ikut berkontribusi dalam mendukung pengendalian inflasi dari kelompok harga yang diatur pemerintah dengan cara menaikkan subsidi. "Dengan demikian, inflasi kelompok harga yang diatur pemerintah juga masih rendah atau mencapai 5,3% yoy (secara tahunan)," pungkas Perry. (OL-14)

Baca Juga

PPI Dunia

Pelajar Indonesia di Luar Negeri Tak Boleh Minder

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 21:54 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pelajar Indonesia tidak boleh minder dalam pergaulan...
Ist/Bea Cukai

Bea Cukai Bawa UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:50 WIB
Sebagai perwujudan dukungan kepada UMKM, Bea Cukai menginisiasi kegiatan bertajuk UMKM Week 2022, dengan tema "UMKM Naik Kelas,...
Ist/Kementan

Komisi IV DPR Dukung Kementan Perluas Subtitusi Pangan Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:48 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Muhammad Syafrudin merespoms positif upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan perluasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya