Kamis 30 Juni 2022, 10:40 WIB

DPR Minta Pendaftaran BBM Subsidi tidak Menyulitkan Masyarakat

Despian Nurhidayat | Ekonomi
DPR Minta Pendaftaran BBM Subsidi tidak Menyulitkan Masyarakat

ANTARA/Adwit B Pramono
Sosialisasi penggunaan MyPertamina di sebuah SPBU di Manado, Sulawesi Utara

 

BESOK, Jumat (1/7), Pertamina akan mulai membuka pendaftaran penerima BBM Subsidi, yakni Pertalite dan Solar, di beberapa daerah melalui laman MyPertamina. Pendaftaran itu akan dilakukan secara bertahap di berbagai daerah di Indonesia.

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengatakan pendaftaran untuk penerima BBM Subsidi itu merupakan konsekuensi dari subsidi terbuka dan memang pengawasan harus dilakukan secara ketat agar tepat sasaran.

Dia pun menilai pendaftaran yang dilakukan secara daring ini harus dikaji lebih dalam karena tidak semua masyarakat mampu mengoperasikannya.

Baca juga: Penyaluran Subsidi BBM Tepat Sasaran Bisa Tekan Beban Negara

"Oleh karena itu, harus dipikirkan juga untuk mungkin dibuka pendaftaran manual secara mudah di SPBU atau di tempat lain dan pascapendaftaran selanjutnya menggunakan barkode/QR menjadi penanda. Itu harus disosialisasikan," ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (29/6).

Herman pun meminta Pertamina untuk tidak mempersulit masyarakat dan mempermudah semua proses pendaftaran ini, karena, menurutnya, esensi dari kebijakan ini adalah untuk mencegah kebocoran subsidi kepada pihak yang tidak berhak menerimanya.

"Setiap kebijakan harus disosialisasikan dengan baik dan pastikan terdesiminasi sampai ke masyarakat luas, khususnya cara mendaftar yang harus ada opsi pilihan, dan tentu pilihan yang memudahkan bukan menyulitkan rakyat," tegas Herman.

Rencananya, tahap awal pendaftaran BBM Subsidi akan dilakukan di beberapa kota dan kabupaten antara lain adalah Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta, dan Manado.

Untuk kota lain, Pertamina memastikan pendaftaran akan dilakukan secara kontinu memastikan kesiapan infrastruktur dan sistem, sekaligus untuk mengakomodasi kendaraan baru yang dibeli masyarakat. (OL-1)

Baca Juga

Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...
Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Tertinggi TJSL & CSR Award 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:30 WIB
Tidak hanya itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai The Most Committed Leader to TJSL Initiative...
ANTARA/Fikri Yusuf

Indonesia Finalkan Hasil Pertemuan G20 DWG Tekankan Multilateralisme

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:20 WIB
DWG Meeting telah terlaksana tiga kali sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya