Rabu 25 Mei 2022, 09:50 WIB

Wajib Pajak Diminta Lapor Sukarela atau Dikenai Sanksi

Indriyani Astuti | Ekonomi
Wajib Pajak Diminta Lapor Sukarela atau Dikenai Sanksi

dok.mi
Ilustrasi

 

WAJIB pajak diminta memanfaatkan program pengungkapan sukarela (PPS) sebelum berakhir pada 30 Juni 2022. Deputi III Kepala Staf Kepresidenan RI Panutan Sulendrakusuma mengatakan, melalui program tersebut wajib pajak bisa terbebas dari sanksi adminitratif dan perlindungan data untuk tidak digunakan dalam penyelidikan, penyidikan atau penuntutan dari wajib pajak.

"PPS dijalankan untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/5).

Ia menyebut, hingga Kamis (24/5), terdapat 49 ribu wajib pajak yang memanfaatkan PPS, dengan total nilai harta yang dilaporkan mencapai Rp97,3 triliun. Sedangkan nilai pajak penghasilan (PPh) mencapai Rp9,8 triliun. Panutan mengatakan program tersebut bertujuan untuk membantu percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini masih dilanda pandemi. Oleh karena itu, diberlakukan juga repratiasi atau pengembalian akumulasi penghasilan berupa aset atau harta dari luar negeri ke wilayah Indonesia serta investasi dalam penerapan program pengungkapan sukarela.

Program pengungkapan sukarela, ujarnya, dibuka mulai 1 Januari 2022 hingga 30 Juni 2022. Wajib pajak diberikan kesempatan melaporkan/ mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela. Pengungkapan tersebut meliputi harta yang sama sekali belum pernah dilaporkan, atau belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan tahun pajak 2020. Aturan terkait program pengungkapan sukarela dimuat dalam Undang-Undang No.7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). (OL-13)

Baca Juga: Migor Curah Masih Mahal, Pengamat: Mendag Sebaiknya Libatkan Polri

Baca Juga

Antara

Presiden Ingin Koperasi Produksi Minyak Makan Merah

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:39 WIB
Minyak Makan Merah merupakan inovasi dari produk turunan kelapa sawit selain CPO, yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah

Awal yang Baik, KSP Apresiasi Tingginya Minat Masyarakat Mendaftar ke Aplikasi MyPertamina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:18 WIB
Jumlah downloader aplikasi MyPertamina pada periode yang sama mencapai 4...
Antara

Kadin: Digitalisasi Bantu Kebangkitan Ekonomi Nasional

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:34 WIB
Seperti, sektor UMKM yang ikut terguncang pandemi covid-19. Namun, banyak pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital untuk upaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya