Senin 23 Mei 2022, 18:35 WIB

Prediksi Mentan, Kerugian Akibat PMK Capai Rp9,9 Triliun

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Prediksi Mentan, Kerugian Akibat PMK Capai Rp9,9 Triliun

Antara
Pedagang bertransaksi sapi di pasar hewan wilayah Kediri, Jawa Timur.

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dapat merugikan negara hingga Rp9,9 triliun.

"PMK berdampak luas pada kerugian ekonomi akibat turunnya produktivitas, kematian dan harga jual murah," jelas Syahrul dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin (23/5).

Penyakit ini menyerang hewan berkuku belah, sapi, kerbau, kambing, domba dan babi. Syahrul mengatakan penyakit ini menular dengan cepat melalui kontak langsung dan lewat udara.

Baca juga: MUI: Umat Muslim Hindari Hewan Terpapar PMK untuk Kurban

Namun, ternak yang terkena PMK tidak menular ke manusia. Pun, daging ternak yang tertular PMK dapat dikonsumsi manusia, dengan syarat pemotongan yang ketat di rumah potong hewan (RPH). Lalu, organ yang terinfeksi dimusnahkan secara protokol.

Kasus PMK dikatakannya sudah tersebar di 15 provinsi dan 52 kabupaten di Indonesia. Per 17 Mei, jumlah hewan ternak yang terdampak PMK sebanyak 3,9 juta ekor dari total 13,8 juta ekor hewan ternak.

Baca juga: Dicecar DPR, Mentan Akui Tidak Tahu Asal Masuk Virus PMK

"Yang mengalami sakit berdasarkan konfirmasi tes PCR di laboratorium sebanyak 13.968 ekor, atau 0,36% dari populasi ternak yang terdampak," ungkapnya.

Pihaknya menekankan dari wabah PMK, hewan ternak yang dikonfirmasi sembuh sebanyak 2.630 ekor atau setara 18,83% dari ternak sapi. "Lalu, hewan yang mati 99 ekor atau 0,71% dari ternak sakit," tutur Syahrul.(OL-11)

 

Baca Juga

dok.ist

Dukung UMKM Mataram, Sandiaga Sarankan Program 'Bedakan'

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara (YSI) yang berkolaborasi dengan PT Kokikit Akademi Indonesia dan Bhinneka...
Dok. Intiland

Intiland Gelar Tahapan Topping Off Apartemen SQ Rés, Siap Sambut Geliat Sektor Properti

👤Mediaindonesia.om 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:51 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan pelaksanaan topping off menjadi tahapan penting dalam proses...
Ist

Tabungan Simpedes Ajak UMKM PeDe Memimpin Perubahan

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:47 WIB
AKTIVITAS masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia yang mulai kembali normal harus dimanfaatkan pelaku UMKM yang sempat terpuruk selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya