Senin 23 Mei 2022, 16:45 WIB

Dicecar DPR, Mentan Akui Tidak Tahu Asal Masuk Virus PMK

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Dicecar DPR, Mentan Akui Tidak Tahu Asal Masuk Virus PMK

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengakui, sampai saat ini belum mengetahui dari mana asal masuknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Indonesia.

Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IV DPR RI, Senin (23/5), Mentan menjelaskan, jenis virus PMK yang beredar di Tanah Air adalah serotipe O/ME-SA/Ind-2001/e.

"Dari mana asalnya kami turunkan pemeriksaan oleh irjen, kami periksa semua jalan karantina. Tetapi, sampai hari ini, kami belum bisa pastikan seperti apa virus itu bisa masuk," ujarnya.

SYL menegaskan, Kementan tengah berkonsentrasi untuk mempersiapkan vaksin terhadap virus PMK. Menurutnya, vaksin ini sebenarnya pernah ditemukan di tahun 1990-an dengan serotipe O tersebut.

"Pusvetma (Pusat Veteriner Farma) Kementan menargetkan selesai dalam waktu empat bulan atau sebelum Agustus 2022. Selanjutnya dilakukan vaksinasi massal seluruh populasi ternak yang berpotensi kena PMK," ujar SYL.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin meminta agar Kementan mencari tahu dulu dari mana asal virus PMK itu masuk ke Indonesia. Menurutnya, selama ini masih terdapat simpang siur mengenai masalah tersebut.

Baca juga: Ini Ciri Hewan yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

"Ada yang bilang masuknya dari Malaysia ke Jawa Timur, ada yang bilang masuk melalui Aceh. Jadi bagaimana menemukan vaksin, sementara asal muasal (PMK) tidak tahu dari mana?" kata dia.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah menerangkan, untuk serotipe O/ME-SA/Ind-2001/e itu mayoritas tersebar di Asia Tenggara.

Namun, Sudin menyelak bahwa dari informasi yang ia ketahui, virus itu merebak dari India.

"India bukan di Asia Tenggara toh? Kita jujurlah, jangan lari ke sana ke sini. Saya hanya ingin tahu asalnya dari mana," ucap Politikus PDI Perjuangan ini.

Nasrullah kemudian membalas, "Sampai saat ini kami masih melakukan investigasi,"

Sudin pun mengatakan, bahwa Kementan masih belum tahu secara pasti asal masuknya virus PMK di Tanah Air.

"Bukan investigasi, anda tidak tahu, jawab saja belum tahu," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist

Swiss Cafe Restaurant, Pondok Indah, Gelar Chef Collaboration Series

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:53 WIB
Swiss Cafe Restaurant, Swiss-Belhotel Pondok Indah, menyelengarakan kembali kegiatan demo masak bersama Swiss-Belresidences Rasuna...
ANTARA

204 Orang Calon Haji Ikut Safari Wukuf

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:50 WIB
Jumlah 204 jemaah yang diusulkan untuk disafariwukufkan tersebut sifatnya masih dinamis, nanti akan bisa ditentukan di hari terakhir H-1...
Antara

Pertontonkan Keindahan Indonesia Lewat Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:49 WIB
Perkembangan teknologi membuat dunia digital menjadi dunia kedua bagi setiap orang. Hal tersebut membuat jati diri dalam ruang budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya