Senin 16 Mei 2022, 18:39 WIB

Miliarder Gautam Adani Akuisisi Perusahaan Semen Holcim India

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Miliarder Gautam Adani Akuisisi Perusahaan Semen Holcim India

AFP/Sam Panthaky.
Gautam Adani.

 

MILIARDER India Gautam Adani mencapai kesepakatan senilai US$10,5 miliar untuk membeli perusahaan lokal raksasa semen asal Swiss, Holcim. Ia memprediksi terjadi ledakan konstruksi dalam beberapa dekade mendatang.

Dalam akuisisi terbesarnya hingga saat ini, kesepakatan itu akan memberikan raja batu bara dan pelabuhan, Adani,  saham pengendali di produsen semen terbesar kedua di India. Ia bersaing dengan Mukesh Ambani dari India untuk gelar orang terkaya di Asia.

"Kepindahan kami ke bisnis semen merupakan validasi lain dari keyakinan kami pada kisah pertumbuhan bangsa kami," kata Adani, 59, dalam suatu pernyataan Minggu (15/5) malam. "Tidak hanya diharapkan tetap menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia yang didorong oleh permintaan selama beberapa dekade, India juga terus menjadi pasar semen terbesar kedua di dunia," tambahnya.

Kesepakatan itu menandai keluarnya Holcim dari pasar India setelah 17 tahun dan merupakan bagian dari strategi restrukturisasi global setelah merger raksasa semen Swiss pada 2015 dengan Lafarge Prancis. Setelah disetujui oleh regulator dan pemegang saham, perusahaan akan mengakuisisi saham Holcim di produsen lokal Ambuja Cments dan ACC.

Akuisisi tersebut akan menjadikan Adani sebagai produsen semen terbesar kedua di India dengan kapasitas 70 juta ton per tahun. India, yang sudah menjadi rumah bagi 1,4 miliar orang, diproyeksikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjadi negara terpadat di planet ini pada pertengahan dekade ini.

Baca juga: Inflasi April Brasil Cetak Level Tertinggi dalam 26 Tahun

Badan Energi Internasional mengatakan dalam laporan tahun lalu bahwa diperkirakan 270 juta orang akan ditambahkan ke populasi perkotaan India pada 2040. Ini setara dengan menambahkan kota baru seukuran Los Angeles setiap tahun.

Itu juga kemungkinan meningkatkan emisi di pencemar terbesar ketiga di dunia, karena pembuatan semen menghasilkan karbon dioksida. Saham Ambuja Cments naik 3,80%. Saham di ACC Ltd naik 6% di Mumbai setelah pengumuman tersebut. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter

👤M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:39 WIB
Kendati demikian, pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat di sejumlah wilayah...
Dok. Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB
“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang...
AFP/Rami al Sayed.

Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:35 WIB
Perjanjian tersebut telah terbukti penting bagi kedua negara. Maklum, ekonomi mereka berjuang di bawah sanksi Barat yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya