Selasa 19 April 2022, 20:23 WIB

Subholding Pertamina-PGN-PRPP Teken HOA Penyediaan Gas di GRR Tuban

mediaindonesia.com | Ekonomi
Subholding Pertamina-PGN-PRPP Teken HOA Penyediaan Gas di GRR Tuban

Antara
Ilustrasi petugas beraktivitas di kawasan kilang TPPI di Tuban, Jawa Timur.

 

HOLDING Migas Grup, PT PGN Tbk dan PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) menandatangani Head of Agreement (HOA) kerja sama penyediaan gas bumi di Grass Root Refinery (GRR) Tuban. 

Dengan ini, PGN siap menyediakan infrastruktur pendukung untuk penjualan gas ke PRPP. Baik melalui Land Based LNG Terminal maupun Pipeline & Stations.

Penandatanganan HOA dilaksanakan oleh CEO Subholding Gas PGN M. Haryo Yunianto, President Director PRPP Reizaldi Gustino dan Director of Finance & General Support PRPP Pavel Vagero. Acara itu disaksikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, serta Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut keberhasilan proyek GRR Tuban akan memiliki nilai strategis bagi Pertamina dan Indonesia. Serta, menjadi integrated refinery and petrochemical pertama di Tanah Air.

Baca juga: Pertamina Bakal Beli Minyak Mentah Rusia untuk Kilang Balongan

GRR Tuban akan menghasilkan produk petrokimia yang masih didominasi impor. Sehingga, menjadi salah satu langkah untuk memperbaiki neraca perdagangan Indonesia, termasuk mengurangi impor petrochemical. 

“Dengan kita memproduksi petrochemical, ini menjadi strategi bisnis Pertamina dalam menghadapi transisi energi ke depan,” ujar Nicke dalam keterangan resmi, Selasa (19/4).

Menurut Nicke, pembangunan integrated refinery petrochemical membutuhkan investasi yang besar. Pertamina berupaya menurunkan investasi melalui integrasi. Beberapa utilitas tidak perlu dibangun, karena mengoptimalkan aset Pertamina Group dan bisa menurunkan belanja modal.

“Dari sisi Pertamina Group, sinergi ini harus saling menguntungkan. Kita akan menggunakan market price sebagai dasar mengambil keputusan dan competitiveness. Kita juga tetap berharap dapat mendorong efisiensi," pungkas Nicke.

Lebih lanjut, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan pembangunan GRR Tuban mengedepankan efisiensi. “Ini sinergi yang luar biasa, sekaligus efisiensi dalam membangun pipa dari GRR Tuban ke TPPN sekitar 3 kilometer (km),” jelas Mulyono.

Baca juga: Indef: Pemerintah juga Untung dari Lonjakan Harga Minyak

“Kami akan menindaklanjuti dalam perjanjian definitif dan saling support antar Subholding di Pertamina. Untuk mengakselerasi penyelesaian on track proyek GRR Tuban. Sehingga, memberikan manfaat bagi energi nasional," imbuhnya.

Dengan volume kebutuhan gas sebesar 227 BBTUD pada 2027 dan 351 BBTUD pada 2028-2046, PGN berkomitmen penuh sebagai aggregator pemenuhan energi gas bumi ke GRR Tuban. Fasilitas tersebut berlokasi di ±55 km dari Pipa Transmisi Gresik-Semarang (Gresem). 

Pipa Gresem terhubung dengan Pipa EJGP, Pipa Hulu di area Jatim dan Pipa Kalija di Jawa Tengah. Hal ini dapat dilakukan integrasi infrastruktur pipa dan LNG untuk menyalurkan gas ke Kilang Tuban. 

Adapun pasokan gas di GRR Tuban nantinya dapat meningkatkan efisiensi kilang Pertamina. Serta, meningkatkan nilai keekonomian di Pertamina Group dalam menghadapi tantangan ekonomi dan geopolitik global.(RO/OL-11)


 

Baca Juga

Ist/Bjb

Dorong Transaksi Cashless, Ini Program Menarik Penyedia Aplikasi Keuangan Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:09 WIB
Berbagai layanan digital muncul dengan berat fitur dan kelebihan yang mempermudah masyarakat melakukan berbagai rutinitas...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

PUPR : Bendungan Meninting Lombok kelar di 2023

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:45 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat, Provinsi...
Ist/Kementan

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:21 WIB
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasil Limpo (SYL) atas alokasi vaksin PMK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya