Senin 28 Maret 2022, 20:29 WIB

Pertamina Bakal Beli Minyak Mentah Rusia untuk Kilang Balongan 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Bakal Beli Minyak Mentah Rusia untuk Kilang Balongan 

Antara/Dhedhez Anggara
Pembangunan Kilang Minyak Balongan

 

DIREKTUR Utama Pertamina Nicke Widyawati menuturkan, pihaknya berencana membeli minyak mentah atau crude oil dari Rusia dengan harga yang lebih kompetitif. 

Nicke mengatakan, pembelian minyak mentah ini bakal diolah setelah pembenahan kilang (revamping) di Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, selesai. 

"Saat situasi geopolitik ini, kita melihat ada opportunity untuk membeli minyak Rusia dengan harga yang baik. Sudah kita approach untuk membeli dan bakal dicoba di Balongan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Senin (28/3). 

Usai revamping Kilang Balongan pada Mei tahun ini, kilang itu bisa mengolah berbagai jenis minyak mentah yang ada. Pasalnya, saat ini kilang yang dimiliki Pertamina hanya bisa mengolah crude oil dengan sulfur rendah. 

"Dan ini harganya mahal. Jenis crude ini tidak semua ada di banyak negara. Salah satunya dari Aramco (Arab Saudi) yang kita proses," jelas Nicke. 

Baca juga : Harga Komoditas Meroket, Menkeu: Membuat Kebijakan Kian Sulit

Pertamina mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Bank Indonesia terkait rencana pembelian minyak mentah dari Rusia di tengah ketegangan konflik negara itu dengan Ukraina. 

"Sudah dikoordinasikan dan tidak ada masalah sepanjang perusahaan yang kita deal tidak kena sanksi. Untuk pembayaran mungkin nanti melalui India. Kita koordinasi dengan Kemenlu," ucapnya. 

Nicke menegaskan, pembelian minyak mentah dari Rusia itu murni secara business to business atau B2B, bukan unsur politis. 

Diketahui bahwa Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan mempunyai kapasitas produksi sebanyak 125 ribu barel per hari dengan berbagai unggulan, seperti premium, pertamax, pertamax plus, solar, pertamina DEX, elpiji, hingga propylene. 

Kilang ini memasok bahan bakar minyak ke Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis usaha. (OL-7)

Baca Juga

DOK Kementerian PU-Pera.

Kementerian PU-Pera Tetapkan Pemenang Sayembara Bangunan Gedung di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 16:59 WIB
Para pemenang akan mendapat penghargaan berupa uang tunai dengan rincian juara I sebesar Rp500 juta, juara II sebesar Rp250 juta, dan juara...
Antara/Oky Lukmansyah.

Pembayaran Digital Lebih Disukai Konsumen karena Mudah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 16:56 WIB
Di 2025 akan ada 125 juta pengguna baru  e-wallet. Ini akan membuat Indonesia menjadi negara pengguna e-wallet terbanyak di Asia...
ANTARA/Aprillio Akbar

Indonesia Pimpin Pasar E-Commerce di Asia Tenggara

👤Miskah Syifa Putri  🕔Rabu 29 Juni 2022, 16:54 WIB
Indonesia memimpin dengan pangsa traffic mobile tertinggi yaitu 81%, diikuti Thailand (74%), Filipina (71%), Singapura (70%), Malaysia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya