Rabu 23 Maret 2022, 08:44 WIB

AS-Inggris Sepakat Akhiri Tarif Impor Baja dan Aluminium

Mediaindonesia.com | Ekonomi
AS-Inggris Sepakat Akhiri Tarif Impor Baja dan Aluminium

AFP/Roberto Schmidt.
Perwakilan Dagang AS Katherine Tai (kanan) dan Menteri Luar Negeri Inggris untuk Perdagangan Internasional Anne-Marie Trevelyan (kiri).

 

AMERIKA Serikat pada Selasa (22/3) mengumumkan kesepakatan dengan Inggris untuk mengakhiri tarif impor baja dan aluminium yang diberlakukan oleh mantan presiden Donald Trump pada 2018 dengan alasan keamanan nasional.

"Dengan mengizinkan aliran baja dan aluminium bebas bea dari Inggris, kami semakin mengurangi kesenjangan antara pasokan dan permintaan untuk produk-produk ini di Amerika Serikat," kata Menteri Perdagangan Gina Raimondo dalam suatu pernyataan. "Dengan penghapusan tarif pembalasan Inggris, kami membuka kembali pasar Inggris untuk produk-produk Amerika yang dicintai."

Kesepakatan itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian upaya oleh Presiden Joe Biden untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan dengan sekutu AS. Beberapa di antaranya sudah berjalan lama dan yang lain dimulai saat pemerintahan Trump.

Washington dan London pada Januari mengumumkan negosiasi untuk mengakhiri perselisihan dimulai. Perselisihan terjadi sejak Trump mengenakan pungutan 25% pada baja dan 10% pada impor aluminium dari Inggris dan negara-negara lain untuk melindungi industri AS.

Di bawah kesepakatan yang diumumkan Selasa, Inggris akan mencabut tarif pembalasan yang dikenakan pada impor Amerika senilai US$500 juta, termasuk alkohol dan barang-barang konsumen, kata pernyataan itu. Ini juga menetapkan bahwa setiap perusahaan baja Inggris, "Yang dimiliki oleh entitas Tiongkok harus melakukan audit atas catatan keuangan mereka untuk menilai pengaruh dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Hasilnya akan dibagikan dengan Amerika Serikat," kata Departemen Perdagangan. 

Baca juga: Harga Bensin Tinggi Dorong Penjualan Ritel Amerika Serikat

Kesepakatan itu menyusul pembicaraan dua hari antara Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan di kota pelabuhan Baltimore mengenai hubungan perdagangan yang lebih luas. Trevelyan juga bertemu dengan Raimondo untuk menyelesaikan kesepakatan logam.

Dalam suatu pernyataan, Tai mengatakan perjanjian itu, "Menyampaikan visi Presiden Biden untuk memperbaiki hubungan dengan sekutu kami sambil juga membantu memastikan kelangsungan jangka panjang industri baja dan aluminium kami." (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Kementan

HUT ke-77 RI, Mentan SYL Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Menurut SYL, kerja keras mereka terbukti jadi pemicu utama tingginya produktivitas sehingga Indonesia mampu mencapai swasembada di tiga...
Ist/PT KAI

KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat dengan Semangat Melayani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:32 WIB
Kereta api sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perkembangan bangsa bahkan sejak sebelum masa...
dok.ist

Pangdam XIV: TNI Jamin Stabilitas Keamanan Obvitnas dan PSN Smelter Nikel CNI Group

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:25 WIB
SETIAP ada Obvitnas dan PSN, secara tidak langsung itu merupakan tugas TNI untuk menjamin stabilitas keamanannya, demi kemaslahatan orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya