Rabu 16 Maret 2022, 20:40 WIB

Harga Bensin Tinggi Dorong Penjualan Ritel Amerika Serikat

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Harga Bensin Tinggi Dorong Penjualan Ritel Amerika Serikat

AFP/Mandel Ngan.
Pompa bensin di Washington, DC, 8 Maret 2022.

 

NAIKNYA harga biaya bensin menyebabkan penjualan ritel AS tumbuh pada Februari. Ini menurut data pemerintah yang dirilis Rabu (16/3). Meskipun demikian, ekspansi sedikit di bawah ekspektasi.

Penjualan ritel naik 0,3% pada bulan lalu. Departemen Perdagangan mengatakan, angka itu kurang dari peningkatan 4,9% pada Januari, yang direvisi dari 3,8% dalam laporan sebelumnya.

Sebagian besar kenaikan belanja Februari disebabkan oleh bisnis di pompa bensin. Maklum, penjualannya melesat 5,3%. Kenaikannya terbesar dalam kategori apa pun.

Tanpa SPBU, penjualan ritel akan turun 0,2%. "Lonjakan inflasi non-discretionary saat ini--terutama makanan, energi, dan tempat tinggal--akan menekan anggaran rumah tangga dan mendorong mereka untuk mengurangi pembelian yang tidak perlu. Masalah rantai pasokan akan terus menghambat pertumbuhan penjualan," kata Lydia Bossour dari Oxford Economics.

Namun, dia memperkirakan bahwa penjualan akan tumbuh di bulan-bulan mendatang berkat kenaikan upah dan tabungan yang terkumpul. Beberapa sektor mengalami perlambatan bisnis, termasuk pengecer nontoko seperti gerai e-commerce dengan penjualan turun 3,7%, toko kesehatan dan perawatan pribadi dengan penurunan 1,8%, serta toko furnitur dan toko kelontong.

Baca juga: Khawatir Pasokan Rusia, IEA Pangkas Prospek Permintaan Minyak

Dealer mobil, yang telah rentan dalam beberapa bulan terakhir karena pembuat mobil berjuang dengan persediaan ramping karena kekurangan semikonduktor global yang telah memukul produksi dan mendorong harga lebih tinggi, melihat penjualan meningkat 0,9%. Sektor lain yang melihat pertumbuhan bulan lalu, termasuk barang olahraga dan toko hobi dengan penjualan naik 1,7% dan toko bahan bangunan dan peralatan taman naik 0,9%.

Bisnis di department store tumbuh 1,6%. Bar, restoran, dan bisnis jasa makanan lain naik 2,5%. (AFP/OL-14)

Baca Juga

MI/Susanto

Ekonom: Jabatan Pimpinan BI tidak Boleh Diisi Politisi, Risikonya Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Pasalnya, Bank Indonesia memiliki peran yang amat strategis bagi perekonomian nasional. Kesalahan dalam pengelolaan Bank Sentral akan...
Antara

Pemerintah Kembali Cairkan BSU BBM pada Pekan Depan

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 30 September 2022, 22:19 WIB
Sejauh ini, BSU BBM sudah disalurkan kepada 7 juta pekerja. Pemerintah memperkirakan total jumlah penerima BSU BBM sekitar 14,6 juta...
MI/BAYU ANGGORO

Importir Kedelai Amerika akan Disertifikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 22:05 WIB
Kebijakan ini menjadi penting bagi para konsumen kedelai Amerika Serikat di seluruh dunia termasuk di Indonesia  yang telah lama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya