Selasa 22 Maret 2022, 15:46 WIB

Masa PKPU Garuda Kembali Diperpanjang

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Masa PKPU Garuda Kembali Diperpanjang

Antara
Dua pesawat milik Garuda Indonesia berada di landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta.

 

MASA penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) atau GIAA diperpanjang kembali selama 60 hari hingga 20 Mei 2022.

Sebanyak 475 kreditur telah mengajukan tagihan ke maskapai nasional. Adapun total tagihan yang dimasukkan terbilang besar mencapai Rp198 triliun.

"Kami memahami bahwa proses ini tidak mudah bagi para pihak. Sehingga, dibutuhkan waktu lebih panjang untuk memenuhi ketentuan administrasi dan verifikasi," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan resmi, Selasa (22/3).

Baca juga: Kejagung Periksa Mantan Direktur Garuda Indonesia

Irfan menekankan bahwa proses PKPU yang dijalani pihaknya terbilang kompleks dan berlapis. Oleh karena itu, perlu dijalankan dengan prinsip kehati-hatian, baik untuk pihak Garuda maupun kreditur.

Perseroan mengapresiasi sebagian besar kreditur yang telah menyelesaikan tahapan verifikasi. Seiring dengan penetapan perpanjangan PKPU, Garuda dan tim pengurus mengaku sudah berkomunikasi secara berkala kepada kreditur terkait pokok perdamaian.

Baca juga: Dua Pesawat Garuda Ditarik Lessor

"Garuda saat ini juga telah menerima masukan konstruktif dari para kreditur, guna menghasilkan kesepakatan terbaik bagi seluruh pihak," imbuh Irfan.

Pada November 2021, GIAA dilaporkan memiliki utang ke lessor sebesar US$6,3 miliar atau sekitar Rp89,8 triliun. Adapun perseroan telah mengembalikan satu pesawat Boeing 777-300 ER, dari total dua armada yang akan dikembalikan ke tangan lessor Altavair.

Pengembalian satu pesawat B777-300 ER dengan nomor registrasi PK-GIE tersebut diberangkatkan pada Minggu (13/2) sore dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Victorville di Amerika Serikat. Untuk pengembalian armada B777-300 ER yang kedua direncanakan pada Maret ini.(OL-11)
 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...
ANTARA

Indodax: Penurunan Harga Bitcoin saat ini Siklus Empat Tahunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:45 WIB
Siklus empat tahunan tersebut sering dimanfaatkan orang untuk membeli dan mengumpulkan aset...
Antara/Siswo Widodo

Pembelian BBM Subsidi Masih bisa Seperti Biasa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:00 WIB
Pertamina melakukan uji coba pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi mulai 1 Juli hingga 30 Juli 2022. Uji coba tersebut hanya dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya