Kamis 17 Februari 2022, 10:07 WIB

Dua Pesawat Garuda Ditarik Lessor

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dua Pesawat Garuda Ditarik Lessor

dok.ant
Ilustrasi

 

MASKAPAI Garuda Indonesia telah mengembalikan satu pesawat Boeing 777-300 ER pada Minggu (13/2), dari total dua armada yang akan dikembalikan ke tangan lessor Altavair.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, upaya tersebut sebagai tindak lanjut kesepakatan negosiasi early termination atau percepatan pengembalian armada dengan Altavair yang menjadi salah satu lessor Garuda Indonesia untuk sewa armada B777-300 ER.

"Melalui langkah percepatan pengembalian armada tersebut, Garuda Indonesia selanjutnya akan terus mengintensifkan negosiasi bersama dengan lessor lainnya," kata Irfan dalam keterangan yang dikutip Kamis (17/2).

Pengembalian satu pesawat B777-300 ER dengan nomor registrasi PK-GIE tersebut diberangkatkan pada Minggu (13/2) Pukul 16.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta menuju Victorville, California, Amerika Serikat.

Untuk pengembalian armada B777-300 ER yang kedua direncanakan akan dilaksanakan pada Maret 2022 mendatang.

Irfan menegaskan, rencana percepatan pengembalian armada mengacu pada aspek legalitas dan compliance yang berlaku.

"Hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mengoptimalkan strategi restrukturisasi armada dan tranformasi bisnis dalam pemulihan kinerja Garuda," terangnya.

Diperolehnya kesepakatan pengembalian armada bersama lessor pesawat ini dianggap menjadi sinyal positif bagi akselerasi pemulihan kinerja Garuda Indonesia yang memiliki utang segunung.

Pada November 2021, GIAA dilaporkan memiliki utang ke lessor sebesar US$6,3 miliar atau sekitar Rp89,8 triliun.

Irfan mengakui, Garuda memiliki 800 kreditur yang tengah dihadapi soal persoalan utang. Pihaknya pun lebih memilih penyelesaian lewat in court atau jalur Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). (OL-13)

Baca Juga: Chairal Tanjung Adik Chairul Tanjung Diperiksa Kasus Dugaan ...

Baca Juga

DOK/CITI INDONESIA

Citi Indonesia Latih 300 Wirausahawan Pemula dari Tiga Kota

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:15 WIB
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan...
DOK Pribadi.

Mau Buka Bisnis Minuman Kekinian? Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:50 WIB
Berdasarkan tingginya minat konsumen terhadap banyaknya minuman kekinian yang tersebar di pasaran saat ini, bisnis ini pun menjadi salah...
Antara

ESDM: 71 Perusahaan belum Penuhi Kewajiban DMO ke PLN

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:44 WIB
Pemerintah akan segera memblokir fitur ekspor dalam aplikasi MOMS, bagi perusahaan pertambangan batu bara yang tidak memberikan penjelasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya