Rabu 12 Januari 2022, 18:28 WIB

Erick Thohir Tingkatkan Sinergi Pangan Melalui ID Food

Widhoroso | Ekonomi
Erick Thohir Tingkatkan Sinergi Pangan Melalui ID Food

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan saat peluncuran BUMN Holding Pangan ID Food di Jakarta, Rabu (12/1).

 

MENTERI BUMN Erick Thohir berupaya meningkatkan sinergi pelaku industri pangan yaitu petani, peternak dan nelayan dengan pemerintah melalui pembentukan holding pangan ID Food. Dengan adanya sinergi ini, diharapkan para pelaku utama industri pangan di Indonesia dapat naik kelas menjadi lebih maju dan sejahtera serta berkontribusi lebih untuk meningkatkan pendapatan negara.

"Meresmikan ID Food sebagai holding pangan untuk mendampingi petani, peternak, dan nelayan agar naik kelas,” ujar Erick, Jakarta, Rabu (12/1).

Erick menegaskan agar perusahaan BUMN meninggalkan ego sektoral dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya adalah para pelaku industri pangan, untuk membentuk ekosistem pangan Indonesia. Menurutnya, kerja sama dapat berupa pendampingan dapat dijalankan agar ekosistem pangan dapat terwujud. "Kita membuka hati kita, kita bergotong royong membangun yang namanya ekosistem Indonesia," kata dia.

Erick juga menegaskan kepada ID FOOD agar terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi untuk menjawab tantangan disrupsi yang terjadi saat ini. Dimana saat ini, perubahan yang terjadi begitu cepat, membuat semua lini harus bersiap untuk menerima tantangan dan konsekuensi. "Indonesia sebagai negara agraris harus terbuka dengan inovasi teknologi pangan di era disrupsi digital,” ucapnya.

Sementara itu, pembentukan BUMN Pangan sendiri sejalan dengan visi misi pemerintah dalam melaksanakan transformasi sektor pangan hingga berbagai komoditas pangan. Mulai dari beras, jagung, ayam, sapi, kambing, ikan, cabai, bawang, gula, dan garam.

BUMN Pangan akan tetap menerapkan tata kelola perusahaan modern, baik mengenai potensi pengembangan bersifat organik dan non organik. Dimana perusahaan akan terhubung dalam satu rantai pasok yang ujungnya akan sampai ke penjualan ritel dan bisa naik kelas menjadi perusahaan berskala dunia. (RO/OL-15)

Baca Juga

Antara/Ismar Patrizky

Side Events G20 Akan Digelar di Berbagai Daerah di Indonesia

👤 Despian Nurhidayat 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:25 WIB
Berdasarkan agenda Side Events G20 yang telah diinventarisasi, tercatat 121 side events akan digelar pada Desember 2021 sampai November...
AFP/ Joe Raedle

Harga Domain .id Bakal Naik 1 April 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:15 WIB
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengungkapkan harga domain .id akan naik mulai 1 April 2022 di kisaran...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mendag: Harga Minyak Goreng Masih di Atas Rp14 Ribu? Lapor ke Sini

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 21 Januari 2022, 13:11 WIB
Kementerian Perdagangan menyediakan hotline 24/7 yang dapat diakses oleh seluruh pihak melalui pesan instan Whatsapp 0812 1235 9337 atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya