Senin 06 Desember 2021, 20:35 WIB

Optimistis PT Krakatau Steel tak Bangkrut, Ini Respons Komisaris PT KSI ke Erick Thohir

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Optimistis PT Krakatau Steel tak Bangkrut, Ini Respons Komisaris PT KSI ke Erick Thohir

Antara
Ilustrasi PT Krakatau Steel

 

KOMISARIS Krakatau Steel Infrastruktur(KSI) membantah pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang memprediksi PT Krakatau Steel (KSl) akan bangkrut pada akhir tahun. Dalam rapat kerja  dengan Komisi VI DPR RI Kamis (2/12), Erick memprediksi PT Krakatau Steel akan bangkrut jika tak menjual PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) yang merupakan subholding PT KS.

"Sebagai komisaris subholding KSI, saya meminta menteri BUMN untuk bertaruh Rp1 miliar. Jika KS Bangkrut bulan ini, saya akan bayar Pak Menteri. Uang itu akan saya sumbangkan ke kaum dhuafa," ujarnya lewat pernyataan resmi, Rabu (6/12).

Roy mengakui KS tengah dalam kondisi sulit, namun manajemen telah berbuat yang terbaik dan sekarang kondisinya sudah mulai membaik. Sebagai aset strategis, lanjutnya, seharusnya KS diperlakukan dengan strategis pula. Jangan sampai hanya karena ada motif tertentu, KS menjadi korban dari kepentingan tertentu.

"Saya pernah menjadi komisaris di KS dan sekarang di subholding KSI. Saya percaya dan yakin, KS tidak seburuk yang disampaikan oleh menteri BUMN," tandasnya. 

Roy menambahkan, untuk menyelesaikan kewajiban KS kepada sejumlah krediturnya, perusahaan telah memiliki sejumlah rencana. Termasuk melepas kepemilikan saham di KSI hingga 40%. Akan tetapi, kata Roy, belakangan ini muncul permintaan agar penjualan KSI hingga sampai 70% saham. "Jika mayoritas saham KSI dilepas, justru akan merugikan KS. Lagi pula penyelamatan KS tidak harus melepas kepemilikan mayoritas di KSI. Kepentingan negara harus menjadi prioritas," ujarnya. 

Roy menegaskan, sesungguhnya dia tidak suka bertaruh. Tapi terpaksa dia lakukan untuk meyakinkan rakyat bahwa transaksi ini tidak beres. Menurut Roy, dia tidak menolak divestasi KSI. Tapi jika divestasi harus dilakukan hingga 70%, hal itu pasti akan merugikan KS dan negara.


Sebelumnya di depan Komisi VI DPR  menteri BUMN mengatakan, untuk penyelamatan Krakatau Steel ada tiga langkah. Problemnya langkah ketiga ini macet. Ada dua restrukturisasi yang harus dijalankan Krakatau Steel, satu negosiasi ulang dengan POSCO ini juga tidak mudah. "Tapi memang salah satunya yang sekarang ini krusial, kalau ketiga gagal, kedua gagal, dan pertama gagal maka Desember ini (Krakatau Steel) bisa default," katanya. 

Right issue untuk Krakatau Steel, menurut dia, merupakan bagian dari restrukturisasi BUMN baja yang sudah disepakati. (RO/Ant/OL-8)

Baca Juga

Sengketa Asuransi, Ini Kata Pakar agar Sengketa Nasabah dan Asuransi Tuntas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:05 WIB
Prudential, AIA Financial Indonesia, dan AXA Mandiri dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100% dari polis unit link yang...
MI/Agus Utantoro

Menkop UKM Sebut G20 Berpotensi Hasilkan Nilai Konsumsi Rp1,7 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 07:27 WIB
"G20 berpotensi  menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dengan nilai konsumsi sebesar Rp1,7...
DOK GOJEK

Mobilitas Bangkit dari Pandemi, Gojek Siap Jawab Kebutuhan Transportasi Masa Depan di 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 07:24 WIB
Masuki 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi; keterandalan layanan dan integrasi antar-layanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya