Selasa 23 November 2021, 14:45 WIB

Menkeu: Serapan Anggaran Pemda Rendah, Pemulihan Terhambat

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Menkeu: Serapan Anggaran Pemda Rendah, Pemulihan Terhambat

MI/Susanto
Menteri Kuangan Sri Mulyani

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah tidak sinkron. Hal ini terlihat dari eksekusi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dinilai belum optimal.

“Efektivitas dorongan kebijakan APBN dan daerah (APBD) belum sinkron. Pusat mendorong namun daerah justru berhenti. Ini dampak ke perekonomian tidak optimal,” ungkapnya dalam Kongres AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia) Tahun 2021, Selasa (23/11).

Sri Mulyani menyebutkan realisasi belanja APBD per akhir November baru mencapai 59,62% atau Rp730,13 triliun dari pagu Rp1.224,74 triliun padahal hanya tersisa sekitar 1,5 bulan menuju penutupan anggaran pada 24 Desember 2021.

Baca juga: Menkeu Sebut Realisasi Belanja APBD Baru 59,62%

Ia mengatakan hal ini menyebabkan seluruh pemerintah daerah justru mengalami surplus Rp111,5 triliun karena pendapatan mereka lebih besar daripada belanjanya.

Menurutnya, situasi ini berbanding terbalik dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang mengalami defisit 3,29% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Oktober 2021 atau mencapai Rp548,9 triliun.

“Ini artinya pemerintah pusat mendorong pemulihan dengan countercylical defisit Rp540 triliun namun daerah justru menahan belanja,” tegas Sri Mulyani.

Ia menegaskan hal tersebut menjadi suatu evaluasi yang harus terus dipantau mengingat instrumen pemulihannya telah ada yakni APBN dan APBD namun eksekusinya masih belum optimal.

Sri Mulyani pun mengingatkan belum optimalnya dan sinkronnya upaya pemerintah pusat dan daerah akan mengurangi daya pemulihan ekonomi dan efektivitasnya dalam memperbaiki kondisi masyarakat.

“Jadi ini advice yang harus terus diberikan dan di empower ke pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga,” pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist/Kementan

Kementan Tingkatkan Hubungan Bilateral Perdagangan Pertanian dengan Serbia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 09:13 WIB
Dirjen Hortikultura, Kementan, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa potensi pasar pertanian Serbia terbuka bagi produk pertanian...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Realisasi BPUM 2021 Sudah Mencapai 100 Persen Di Tahun Ini

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 29 November 2021, 09:00 WIB
BPUM merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah dalam rangka penanggulangan ekonomi...
Ist/Kementan

Tim Delri Odicoff Sambangi Jaringan Ritel Raksasa di Kairo 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 08:28 WIB
Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang sambangi  jaringan ritel raksasa milik Uni Emirat Arab di Kairo, Mesir, Pasar Modern Lulu,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya