Rabu 17 November 2021, 17:13 WIB

Presiden: Kawal Investasi Asing sampai Menetas

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Kawal Investasi Asing sampai Menetas

DOK MI.
Ilustrasi.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan kepada para menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Maju untuk serius mengawal komitmen investasi yang telah ditawarkan pemerintah dan para pelaku usaha asing. Sebagaimana diketahui, dalam kunjungan kerja ke luar negeri dua pekan lalu, Jokowi mengantongi komitmen investasi yang tidak main-main jumlahnya, yakni US$44,6 miliar dari Uni Emirat Arab dan US$9,2 miliar dari Inggris.

"Ini harus dikawal, diikuti, ditindaklanjuti sehingga betul-betul menetas menjadi investasi," ujar Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/11). Sedianya, kepala negara mengatakan ada banyak janji investasi yang diberikan masyarakat internasional kepada Indonesia. Namun, sayangnya, itu kerap tidak didampingi dengan baik sehingga realisasi tidak kunjung terjadi.

"Bolanya ada di kita. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Menteri Investasi, Menteri BUMN, semua menteri yang terkait dengan ini, yang sudah menjadi komitmen itu betul-betul dipastikan menetas dan bisa direalisasikan. Nilai US$44,6 miliar, US$9,2 miliar itu angka yang gede. Semua harus dikawal dan ditindaklanjuti," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menekankan pentingnya mengarahkan investasi ke sektor ekonomi hijau. Penerapan energi baru terbarukan harus betul-betul menjadi komitmen bersama dan dipastikan berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Presiden: Percepat Realisasi APBN 2021

"Arahkan investasi untuk menggeser pembangkit batu bara dengan energi baru terbarukan. Pengembangan kendaraan dan baterai listrik serta pembangunan green industrial park di Kalimantan Utara harus betul-betul bisa direalisasikan dan dimulai," tandas Jokowi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Melonjak Drastis, Penumpang Angkasa Pura I Tembus 5 Juta di Juli

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 18:20 WIB
PT Angkasa Pura atau AP I mencatat adanya lonjakan pergerakan penumpang di 15 bandara hingga menembus 5.089.254 orang selama Juli...
DOK ANTAM

Antam Luncurkan Program Kemilau Kemerdekaan LM ANTAM

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:24 WIB
Promosi yang berlangsung pada periode 15-31 Agustus 2022 ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 tahun Republik...
Antara

Erick Minta Garuda tak Naikkan Harga Tiket Pesawat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:20 WIB
Menurut Menteri BUMN, Garuda Indonesia perlu menambah volume penerbangan, yang diharapkan dapat menstabilkan harga tiket pesawat di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya