Minggu 26 September 2021, 13:55 WIB

Sandiaga: Ekonomi Kreatif Penggerak Baru Ekonomi Dunia

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Sandiaga: Ekonomi Kreatif Penggerak Baru Ekonomi Dunia

Antara
Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja di kawasan Seminyak, Bali.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai ekonomi kreatif sebagai penggerak baru roda perekonomian dunia.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri "Side-Event of High-Level Week: “Resilient and Inclusive Creative Economy for A Thriving Future” di sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76 secara daring. "Ekonomi kreatif adalah perekonomian yang baru," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Minggu (26/9).

Baca juga: Mendag: Ekonomi Digital Bisa Persempit Celah Kaya dan Miskin

Menurutnya, di masa pandemi covid-19, banyak subsektor ekonomi kreatif yang berkembang sangat pesat. Di antaranya, aplikasi, permainan, tayangan televisi dan radio, serta konten kreatif.

"Sektor ekonomi kreatif menunjukkan perkembangan yang positif dibandingkan sektor ekonomi konvensional. Itu karena orang-orang banyak yang berdiam diri di rumah dan mengakses gawainya selama masa pandemi," imbuh Sandiaga.

Untuk menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai pemenang pascapandemi covid-19, pihaknya melakukan sejumlah program yang berlandaskan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Misalnya, memberikan dukungan eksplorasi kreativitas melalui pelatihan digital, mentoring secara eksklusif dan pembangunan kapasitas pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga: Gandeng Kadin, Sandiaga Harapkan Investasi Parekraf Melonjak 20%

"Kami juga memberikan berbagai program insentif, mempermudah perizinan dan pendampingan. Hal ini bagian dari tugas kami sebagai pembuat kebijakan. Untuk menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang adil bagi pelaku ekonomi kreatif," pungkasnya.

Melalui sejumlah langkah tersebut, diharapkan ekonomi kreatif di dunia, khususnya Indonesia, dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Serta, mencapai target agenda pengembangan berkelanjutan pada 2030.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Mulai 24 Oktober 2021, Naik Pesawat Harus Tes PCR

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:06 WIB
Peraturan tersebut dibuat mengingat saat ini sudah tidak ada aturan jarak pada kursi...
Antara

Presiden Dorong Hilirisasi Sawit Ditingkatkan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:53 WIB
Presiden mengatakan pilihan untuk memperkuat industri biodiesel ini sangat strategis ke depan untuk meningkatkan ketahanan energi...
 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jawa Barat Kantongi Rp41 Triliun Dari Para Investor

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:42 WIB
Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, penyelenggaraan West Java Investment Summit 2021 atau kali ini diikuti oleh 1.100...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya