Kamis 22 Juli 2021, 18:33 WIB

Integrasi Aplikasi blu-Blibli, BCA Digital Perkuat Ekosistem Perbankan Digital RI

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Integrasi Aplikasi blu-Blibli, BCA Digital Perkuat Ekosistem Perbankan Digital RI

Dok. Pribadi
Peresmian integrasi aplikasi Blu dan Blibli

 

SEMAKIN canggihnya teknologi, gaya hidup dan mobilitas generasi muda pun turut berubah, sehingga membutuhkan pendekatan dan pelayanan khusus. Melihat tren ini, BCA Digital hadir sebagai bank tanpa cabang yang lahir sepenuhnya dalam ekosistem digital, dengan misi untuk menyediakan platform perbankan all-in-one yang dapat menjawab berbagai kebutuhan segmen nasabah modern. 

BCA Digital memulai debutnya sebagai anak perusahaan BCA dengan meluncurkan platform perbankan digital bernama ‘blu’, pada 2 Juli 2021 lalu, yang kini menggandeng platform e-commerce lokal, Blibli, untuk membentuk sinergi perdana lintas sektor. 

Kemitraan pertama di Indonesia antara perbankan dan e-commerce ini merupakan strategi memperkuat komitmen keduanya untuk menghadirkan nilai tambah kepada pelanggan. Lebih jauh, langkah ini juga merupakan wujud dukungan BCA Digital dan Blibli terhadap percepatan transformasi ekonomi digital melalui adopsi layanan perbankan digital di Indonesia. 

Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengatakan, inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, BCA Digitalisasi ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. 

"Oleh karena itu, di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi,” jelas Lanny dalam diskusi virtual, Kamis (22/7). 

blu menyediakan berbagai fitur inovatif, seperti pembukaan rekening secara online dan alokasi menabung ke 10 sub-rekening bluSaving yang berbeda, agar nasabah dapat memisahkan pendapatan sesuai dengan pos-pos kebutuhannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur bluGether, tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara, serta bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up.

Sejak diluncurkan, fitur seperti bluSaving dan bluGether telah mendapatkan respon hangat dari nasabah BCA Digital. Dari data yang ada saat ini, setidaknya 26,2% dari total top 5 bluSaving digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul dengan 20,9% nasabah menabung untuk berlibur, 18,5% untuk persiapan dana pensiun, 17,2% untuk pembelian rumah, dan 17% untuk pembelian kado. 

Sementara penggunaan fitur patungan bluGether terpopuler adalah untuk: patungan liburan bersama (35,4%), pembelian kado (19,9%), tabungan pernikahan dan donasi (15,2%), serta pembelian rumah (14,1%). 

Blibli akan menjadi partner eksklusif blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital ini. Keduanya memiliki kesamaan dalam menjalankan bisnis masing-masing, yaitu selalu memprioritaskan kepuasan pelanggan Customer Satisfaction First dan melayani segmen yang serupa, yaitu generasi modern digital-savvy. 

Melalui integrasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan berbagai manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital secara mudah hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Pelanggan Blibli juga bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu melalui fitur in-app payment ataupun QRIS yang dapat digunakan di luar ekosistem Blibli.

Baca juga : Siap-Siap, Buka Tabungan Bank Jago Bisa di Aplikasi Gojek

Tidak hanya itu, pelanggan Blibli dapat mengakses layanan perbankan digital blu kapan saja, termasuk keuntungan berbelanja di Blibli, antara lain free ongkir, produk asli dan berkualitas, jaminan retur, dan Customer Care 24/7. Kolaborasi strategis ini juga memungkinkan pelanggan memanfaatkan bluGether, fitur patungan untuk membeli produk yang ada di Blibli, bersama dengan teman atau kerabat, dan selama periode peluncuran, 

Blibli memberikan promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay sampai dengan Rp100.000 untuk periode 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021 bagi pelanggan yang membuka akun baru sebesar Rp500.000 dan diskon 50% untuk transaksi di Blibli selama perayaan 10 tahun anniversary 25-27 Juli 2021.

CEO & Co-founder BlibliBlibli Kusumo Martanto mengatakan, sinergi dengan BCA Digital akan ikut mengembangan ekonomi digital Indonesia. Kemitraan itu, lanjutnya, juga bagian strategi Blibli untuk memperkuat solusi bagi para pelanggan yang selaras dengan semangat #KarenaKamuNo1,

“Untuk itu, inovasi layanan platform perbankan digital ini merupakan momen pencapaian penting yang patut dibanggakan, karena mengukuhkan Blibli sebagai e-commerce pertama di indonesia yang terintegrasi dan terkoneksi dengan layanan aplikasi platform bank digital,” tegas Kusumo.

Direktur IT & Operasi BCA Digital Iman Sentosa menambahkan dalam mewujudkan ini semua, blu juga menjalin kemitraan strategis dengan Cermati (PT Dwi Cermati Indonesia). Cermati merupakan solution provider dan integrator untuk menghubungkan aplikasi blu ke platform e-commerce, serta berperan penting dalam pengembangan produk blu kedepannya.

Selain komitmen kolaborasi, BCA Digital juga ingin menjadikan blu sebagai teknologi perbankan yang memberikan dampak positif bagi keberlanjutan bumi. Di tahun 2021 ini, blu menginisiasi kampanye pilot bertemakan #blubuatbaik. Pada kampanye ini, blu dan BCA Digital turun tangan dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik, yang merusak ekosistem alam di indonesia.

Bersama Kitabisa dan Greeneration Foundation melalui program Ecoranger di Kabupaten Banyuwangi, #blubuatbaik berkomitmen mendukung pemerintah Indonesia mencapai target pengurangan sampah 30% di sumber dan penanganan 70% sampah di hilir pada tahun 2025. 

Dukungan tersebut berupa penguatan edukasi pengelolaan limbah yang merupakan bagian penting dalam aspek pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Harapannya, pengelolaan yang lebih baik dapat meningkatkan persentase daur ulang sampah organik dan anorganik, serta mengurangi sampah residu. 

BCA Digital dan blu memiliki target untuk mengurangi emisi karbon hingga 303.000 metrik kilogram karbon dioksida, atau setara dengan pengurangan emisi dari pembakaran BBM sebanyak 30.000 galon. 

Dengan berbagai fitur, layanan, dan kemitraan yang akan terus ditingkatkan, BCA Digital melalui blu mendukung misi pemerintah untuk mewujudkan indeks inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024. Selama tahun 2021, BCA Digital berencana untuk menjaring setidaknya ratusan ribu nasabah baru yang menikmati layanan aplikasi blu. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Dok Kemendagri

Menghindari Dana Mengendap, Pemda Diminta Lelang Lebih Awal

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Desember 2021, 15:41 WIB
Data dari Kementerian Dalam Negeri menujukkan realisasi pendapatan daerah pada 2021 masih di bawah rata-rata realisasi tahun...
Antara

Pasar Waspadai Pelemahan Akibat Omicron dan Tingginya Inflasi AS

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 06 Desember 2021, 15:12 WIB
Pagi ini IHSG mewaspadai koreksi seiring dengan melemahnya bursa global dan regional. Indeks Kospi dibuka melemah -0,56%% dan Nikkei dibuka...
AFP/Jade Gao.

Satu lagi Pengembang Properti Tiongkok Gagal Bayar

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 14:22 WIB
Industri realestat Tiongkok--pendorong pertumbuhan utama dalam ekonomi terbesar kedua di dunia--melemah dalam beberapa bulan terakhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya