Rabu 14 Juli 2021, 16:47 WIB

Jika PPKM Darurat Diperpanjang, KSPI Minta Hak Buruh Dilindungi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Jika PPKM Darurat Diperpanjang, KSPI Minta Hak Buruh Dilindungi

Antara
Sejumlah karyawan pabrik di wilayah Tangerang, Banten, berjalan keluar saat jam pulang kerja.

 

KONFEDERASI Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah untuk melindungi hak buruh, jika PPKM darurat diperpanjang hingga enam pekan. Sebab, tidak menutup kemungkinan perusahaan melakukan PHK terhadap buruh di masa PPKM darurat.

“KSPI meminta pelaksanaan PPKM darurat diikuti dengan perlindungan terhadap hak buruh. Ancaman adanya ledakan PHK sudah di depan mata," pungkas Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangan resmi, Rabu (14/7).

Baca juga: 84 Ribu Karyawan Mal Terancam PHK Akibat PPKM Darurat

Berdasarkan laporan yang diterima KSPI, sudah ada perusahaan yang mengajak serikat pekerja berunding untuk membicarakan program pengurangan karyawan. Laporan lainnya ialah ada pekerja yang dirumahkan dan upahnya terancam dipotong. 

Para buruh, lanjut Iqbal, meminta agar pemerintah menindak tegas pengusaha nakal yang melakukan PHK dan memotong upah buruh di masa pandemi covid-19. Adapun hal lain yang perlu diperhatikan pemerintah adalah tingkat penularan covid-19 di lingkungan perusahaan.

Baca juga: Ada Tudingan Vaksin Dikomersialisasi, Erick: Masyaallah, Kami tidak Begitu

Di beberapa perusahaan, KSPI memperkirakan buruh yang terpapar covid-19 mencapai 10%. Bahkan, tidak sedikit buruh yang dilaporkan meninggal akibat covid-19. “Persoalannya adalah buruh tidak mempunyai uang lebih untuk membeli vitamin dan obat-obatan saat isolasi mandiri,” imbuh Iqbal.

Secara bersamaan, KSPI juga menegaskan dukungan terhadap vaksinasi yang dibiayai negara untuk menekan laju penyebaran covid-19. Namun, KSPI tidak setuju dengan program vaksinasi berbayar yang dituding sebagai praktik komersialisasi.(OL-11)
 

 

Baca Juga

Dok JBC

Jakarta Business District Diplot Jadi Gerbang Koridor Timur

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:30 WIB
Koridor Timur Jakarta yang terintegrasi mulai dari Jakarta Timur, Bekasi, Cikarang, Karawang hingga Purwakarta kini menjadi primadona...
Dok MI

Sandiaga Dorong Pelaku Wisata Berdaya Saing

👤Ant 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:26 WIB
Sandiaga menilai produk ekraf yang dihadirkan para finalis di Kota Palembang sudah memiliki kualitas yang...
Ilustrasi

Penyaluran Kredit Fintech Tembus Rp249 T, Diakses 479 Juta Pengguna 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:24 WIB
"Anggota kami sudah melayani lebih 193 juta pengguna transaksi sebagai lender (pemberi pinjaman). Kemudian, sudah diberikan ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya