Jumat 18 Juni 2021, 15:55 WIB

RI Ekspor Produk Olahan Tempe ke Jepang

Fetry Wuryasti | Ekonomi
RI Ekspor Produk Olahan Tempe ke Jepang

Antara
Ilustrasi pekerja memilah bahan kedelai untuk pembuatan tempe di pabrik rumahan.

 

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi bangga atas capaian ekspor produk tempe hasil olahan pelaku UKM ke Jepang. Makanan tradisional asli Indonesia kini semakin mendunia.

“Ekspor perdana produk tempe Indonesia ke Jepang di tengah pandemi covid-19 sangat membanggakan. Ini menunjukkan makanan asli Indonesia semakin mendunia dan membuktikan ekspor Indonesia terus melaju," ujar Lutfi dalam keterangan resmi, Jumat (18/6).

"Selain itu, Indonesia telah menghasilkan diversifikasi produk yang bisa menjadi pilihan para buyer mancanegara,” imbuhnya.

Baca juga: Ekspor Tuna Kaleng RI ke Spanyol Berpotensi Naik Pesat

Eksportir PT Arumia Kharisma Indonesia dengan pelaku UKM Rumah Tempe Azaki melakukan ekspor perdana produk tempe dengan volume 4,8 ton dan senilai US$13.000 (Rp187,2 juta, kurs Rp14.400) ke Jepang. Lutfi pun mengapresiasi kolaborasi perusahaan dengan pelaku UKM.

Kolaborasi yang dilakukan PT Arumia dengan Rumah Tempe Azaki menjadi salah satu contoh positif untuk meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyebut ekspor perdana ini momen penting untuk meningkatkan nilai ekspor produk makanan olahan domestik.

Baca juga: Sandiaga Angkat Tempe Jadi Bagian Diplomasi RI

Hal ini sekaligus menjadi motivasi UKM potensial lainnya untuk mengembangkan pasar hingga mancanegara. “Ke depan, kita juga harus berusaha lebih giat untuk mengembangkan sektor baru, yang mampu menghasilkan nilai tambah bagi ekspor Indonesia," tutur Didi.

Lebih lanjut, Didi menjelaskan bahwa ekspor perdana tempe ke Jepang, mengadaptasi produk yang diinginkan pasar Negeri Sakura. Produk tempe dikemas dalam kemasan 450 gram. Lalu, eksportir Indonesia sudah menyesuaikan bentuk, ukuran, resep pengolahan dan kemasan sesuai kebutuhan pasar Jepang.(OL-11)

 

 

Baca Juga

dok.ant

Meski Cukai Dinaikkan Permintaan Rokok Tetap Tinggi

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:10 WIB
KEBUTUHAN rokok selalu ada bagaimanapun kebijakan yang dilakukan untuk membatasi konsumsi karena sifat kandungannya yang membuat...
.

Indonesia Ditawari Jadi Anggota Dewan ICAO

👤RO/Micom 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:06 WIB
Tawaran ini adalah pengakuan bahwa kemajuan sektor penerbangan Indonesia diakui...
dok.ant

Hari Ini Wapres Kunker ke Sultra Tinjau Kawasan Industri Nusantara Sejati

👤Emir Chairullah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 09:23 WIB
WAKIL Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya