Kamis 22 April 2021, 20:07 WIB

Pemerintah Kejar 22 Obligor Tagih Dana BLBI

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Kejar 22 Obligor Tagih Dana BLBI

Antara/Hafidz Mubarak A.
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

 

KEMENTERIAN Keuangan berupaya menagih dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) senilai Rp110 triliun kepada 22 obligor. Pengumpulan dokumen dan berkas-berkas yang dibutuhkan saat ini tengah dilakukan untuk melakukan penagihan.

"Aset ini sudah 20 tahuh lalu. Jadi dokumentasinya akan terus kami lakukan koleksi dari berbagai macam sumber. Kami akan terus memperbaiki dari sisi informasi dan supporting document supaya bisa dieksekusi," tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalamm konferensi pers APBN secara virtual, Kamis (22/4).

Dia mengatakan dari 22 obligor yang akan ditagih tersebut, terdapat sekitar 12 ribu berkas debitur. Itu akan didalami dan diselidiki oleh tim investigasi untuk mendapatkan aset-aset dari BLBI.

 

Namun Sri Mulyani enggan merinci 22 obligor yang dimaksud. Menurutnya, hal itu akan disampaikan oleh satgas yang dibentuk pemerintah.

Diketahui pemerintah membentuk Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Satgas itu memiliki tenggat waktu untuk menagih uang Rp110 triliun hingga 2023.

Satgas tersebut dibentuk pemerintah setelah Mahkamah Agung memutuskan perkara BLBI merupakan ranah perdata, dan bukan pidana. Akibatnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan dan Penuntutan kasus korupsi BLBI. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Rombongan Pekerja Protes Jalan Tol Cikarang Ditutup

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:40 WIB
Para karyawan yang berasal dari Karawang Barat itu tak bisa masuk ke Bekasi, karena adanya penyekatan di tol tersebut imbas adanya...
Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Pemerintah akan Tingkatkan Fasilitas Pusat Pemasaran Ikan Brondong

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:48 WIB
"Ada keluhan soal pendangkalan di pelabuhan. Saya pastikan dalam dua atau tiga bulan ini akan segera dilakukan pengerukan. Lampu...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

IHSG Diproyeksi Kembali Menguat

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:28 WIB
Pakar sekuritas menyebutkan IHSG kami perkirakan berpotensi kembali menguat seiring masih kuatnya arus beli asing serta penguatan harga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya