Selasa 06 April 2021, 16:01 WIB

Wapres: UMKM Harus Mengikuti Arus Digitalisasi

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Wapres: UMKM Harus Mengikuti Arus Digitalisasi

Antara Foto/Fakhri Hermansyah
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia saat ini fokus kepada proses untuk keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi (pandexit atau pandemi exit), sehingga ekonomi dapat kembali berjalan normal.

Dalam dunia usaha, pandemi mempercepat transformasi digital dalam berbisnis. Sebagian besar usaha saat ini dilakukan secara online. Hal ini terlihat dari meningkatnya perdagangan onkine dan aktivitas jasa pengiriman barang. Namun sayangnya UMKM belum semuanya tersentuh digitalisasi.

Baca juga: Komnas HAM: Polisi Paling Banyak Dilaporkan Melanggar HAM

"Saya mengajak semua pihak untuk bersama membantu UMKM mengikuti arus digitalisasi. UMKM tidak boleh tercecer dalam hal digitalisasi dan harus menjadi bagian dalam transformasi ekonomi digital," kata Wapres, dalam acara CIMB Niaga Forum, Selasa (6/4).

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Anggara Hans Prawira mengatakan industri ritel terutama FMCG selama 2020 mengalami kontraksi sekitar 5,9%. Padahal industri ritel FMCG selama ini tidak pernah mengalami kontraksi.

Penurunan industri terjadi karena melemahnya daya beli konsumen terutama di segmen menengah ke bawah dan juga pembatasan-pembatasan mobilisasi yang terjadi.

Permintaan pada barang di ritel sempat tinggi ketika terjadi panic buying di Maret 2020. Namun kemudian pada saat masa periode Ramadan, menjadi sangat berat. Hingga Juli daya beli relatif lemah dan baru membaik di akhir 2020.

Di 2021, semua pelaku usaha memandang dengan optimistis terutama karena diterapkannya vaksinasi. Per Maret 2021 dia memandang situasi semakin membaik.

"Keyakinan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari terlihat mulai membaik, seperti di kelas menengah atas. Namun di menengah ke bawah dampak penurunan daya beli masih terlihat, juga terjadi switching brand kepada yang lebih terjangkau," kata Hans. (OL-6)
 

Baca Juga

foodal.com

Sulawesi Tenggara Ekspor Perdana 26 Ton Pala ke Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 23:55 WIB
Sultra adalah salah satu daerah penghasil pala di Indonesia, dan pala yang dihasilkan oleh para petani selama ini banyak dipasarkan ke...
Ist

BPJAMSOSTEK Realisasikan Manfaat Beasiswa Rp174 Juta untuk 2 Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Permenaker No 5 Tahun 2021 mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat program JKK, JKM, dan JHT, dengan salah satunya adalah...
sanmarcosrecord.com

14,5 Ton Semangka Diekspor ke Uni Emirat Arab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:28 WIB
Ekonomi Indonesia harus tumbuh tiga kali lipat GDP per kapita hingga tahun 2038. Jika tidak, Indonesia akan terperangkap dengan jebakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya