Selasa 23 Maret 2021, 23:55 WIB

8 Desa di Perbatasan RI-Malaysia Nikmati Aliran Listrik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
8 Desa di Perbatasan RI-Malaysia Nikmati Aliran Listrik

Antara
Ilustrasi

 

MASYARAKAT perbatasan Indonesia-Malaysia di delapan desa di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) kini dapat menikmati terang nyala listrik di malam hari melalui sambungan jaringan listrik PLN.

"Saat ini, peningkatan rasio elektrifikasi difokuskan ke daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T)," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya, Selasa (23/3).

Adapun desa yang berhasil tersambung jaringan listrik PLN, yakni Desa Pala Pasang dan Desa Suruh Tembawang yang terletak di Kabupaten Sanggau.

Kemudian, di Kabupaten Kapuas Hulu terdiri dari Desa Laja Sandang, Desa Kumang Jaya, Desa Semuntik, Desa Kantuk Asam, Desa Kantuk Bunut dan Desa Merakai Panjang.

 

Menurut General Manager PLN Kalbar Ari Dartomo, upaya ini merupakan komitmen pihaknya untuk memberikan layanan listrik di 3T, guna keberlangsungan hidup masyarakat setempat.

 

"Saat ini sudah ada 654 Pelanggan yang telah teraliri listrik. Hadirnya listrik diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan," tutur Ari.

 

Pihaknya menjelaskan, dalam melistriki 8 desa tersebut, PLN telah melaksanakan pembangunan perluasan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 82,55 kilometer sirkuit (kms).

 

Lalu, melakukan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 28,71 kms, dan 21 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 1.125 kilovolt ampere (kVA).

 

Dengan pembangunan infrastruktur baru ini, potensi pelanggan yang akan teraliri listrik menapai 1.270 orang.

 

Menyambut kehadiran sambungan listrik di wilayahnya, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah.

"Atas nama Bupati Kapuas Hulu, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Saya juga berharap partisipasi masyarakat dalam menjaga dan merawat instalasi listrik yang ada," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist

Sampoerna Mobile Banking Ajak Generasi Muda Bijak Kelola Keuangan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:08 WIB
Di Indonesia sendiri, generasi milenial dan gen Z dikatakan memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah akibat gaya hidup yang...
MI/Ramdani

Festival PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 Dapat Animo Besar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:07 WIB
FESTIVAL PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 yang dilaksanakan mulai 25-27 Januari di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, resmi...
MI/ANDRI WIDIANTO

Kemendag Berlakukan DMO dan DPO untuk Minyak Goreng

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:36 WIB
Nantinya eksportir yang akan mengekspor wajib memasok minyak goreng ke dalam negeri sebesar 20%, dari volume ekspor masing-masing...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya