Kamis 11 Maret 2021, 14:06 WIB

Penurunan SBK tidak Lamban, Namun Perbankan Berhati-hati

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Penurunan SBK tidak Lamban, Namun Perbankan Berhati-hati

Antara/Yulius Satria
Pedagang menata wajan yang dijual di Kota Bogor, Jawa Barat.

 

EKONOM Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar Hirawan menilai penurunan Suku Bunga Kredit (SBK) oleh perbankan sudah berjalan dengan semestinya.

Menurut dia, perbankan sudah memperhitungkan berbagai risiko yang akan dihadapi dengan penurunan SKB. Oleh karena itu, penurunan SBK saat ini merupakan hal yang wajar.

"Perbankan bukan lamban (dalam menurunkan SBK), tetapi mereka sedang menghitung secara hati-hati risiko yang mungkin terjadi. Khususnya, ketika terjadi kredit macet atau NPL," tutur Fajar saat dihubungi, Kamis (11/3).

Baca juga: Hingga Februari 2021, IHSG Sudah Menguat 4,39%

Lebih lanjut, Fajar berpendapat perbankan juga tidak mau berspekulasi. Sebab, SBK menjadi salah satu sumber keuangan perbankan untuk menjalakankan kegiatan operasional.

Dia menegaskan bahwa masyarakat juga perlu didorong untuk melakukan kegiatan ekonomi lewat kredit, termasuk konsumsi dan investasi. "Harusnya bukan hanya mendorong percepatan penurunan suku bunga kredit, tapi juga perlu mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi melalui kredit," jelas Fajar.

Baca juga: OJK: Penurunan Masif Suku Bunga Kredit Bukan Keputusan Bijak

"Karena idealnya, jika suku bunga kredit turun, akan mendorong masyarakat untuk melakukan kredit konsumsi maupun investasi," imbuhnya.

Diketahui, SBK perbankan mengalami tren penurunan di semua jenis penggunaan kredit. Bahkan, SBK Investasi dan SBK Modal Kerja dikatakan telah mencapai single digit.

Hal ini terlihat dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Desember 2020. SBK Modal Kerja turun 88 bps menjadi 8,88%, SBK Investasi turun 102 bps menjadi 9,21%dan SBK Konsumsi turun 65 bps menjadi 10,97%.(OL-11)

Baca Juga

MI/ Andri Widyanto

Kemenhub Wacanakan Vaksinasi bagi Pemudik Darat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:10 WIB
Menurut catatan Kemenhub, sebanyak 22% atau sekitar 3,6 juta pemudik akan balik pada H+2 lebaran atau tepatnya pada 15...
Antara

Sandiaga akan Buka Perjalanan Bebas Covid-19 Sanur- Gili Trawangan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:30 WIB
Gili Trawangan dianggap sudah masuk zona hijau penularan covid-19 sehingga bisa dihubungkan kawasan wisata zona lainnya seperti yang ada di...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Kerja Sama BSI dan Sinarmas Mudahkan Milenial Miliki Hunian

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 10 Mei 2021, 23:16 WIB
BSI dan Sinarmas Land bertekad mendorong pertumbuhan sektor properti melalui berbagai kemudahan yang dihadirkan bagi masyarakat dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya