Selasa 09 Maret 2021, 17:17 WIB

Tak Gulirkan Subsidi Gaji, Pemerintah Dorong Sektor Produktif

Faustinus Nua | Ekonomi
Tak Gulirkan Subsidi Gaji, Pemerintah Dorong Sektor Produktif

MI/Andri Widiyanto
Pekerja menyortir biji kopi di gerai yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta.

 

PEMERINTAH tidak menggulirkan program perlindungan sosial berupa subsidi gaji pada 2021. Oleh karena itu, pemerintah fokus mendorong sektor produktif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang diguncang pandemi covid-19.

"Perlindungan sosial di tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Di mana tahun lalu kita memang memberikan subsidi gaji. Untuk tahun ini, kita dorong lebih kepada sektor yang produktif," papar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam rakornas virtual, Selasa (9/3).

Baca juga: Menkeu: Anggaran PEN 2021 Dinaikkan Jadi Rp699,43 Triliun

Sektor produktif yang didorong, lanjut dia, merupakan sektor padat karya. Misalnya, pertanian dan infrastruktur. Selain itu, pemerintah juga mendorong sektor UMKM untuk mengurangi angka pengangguran. Berikut, meningkatkan daya beli masyarakat.

"Produk Indonesia ini terus didorong. Sehingga, tidak hanya meningkatkan konsumsi, tetapi juga mendorong supply-side dari UMKM," imbuh Airlangga.

Di sejumlah daerah, seperti Sumatera dan Kalimantan, pihaknya melihat ekonomi masyarakat mulai terdongkrak. Kondisi itu tidak lepas dari kebijakan penggunaan B30, yang memengaruhi kenaikan harga minyak kelapa sawit (CPO).

Baca juga: Inklusi Keuangan Belum Jangkau Pelosok, OJK: Peluang untuk Fintech

"Sumatera dan Kalimantan itu berbasis kebun. Padahal, saat yang sama harga karet naik 50%. Jadi artinya petani perkebunan di Sumatera bergembira dengan harga tinggi," pungkasnya.

Demikian pula dengan kondisi ekonomi di Indonesia bagian timur, Airlangga menyebut beberapa sektor mengalami pertumbuhan. "Di Sulawesi, Maluku dan Papua, harga nikel sudah membaik. Itu berkontribusi positif 2%," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Data CVR SJ-182 Diunduh, Percakapan 2 Jam Terungkap

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 13:58 WIB
KNKT telah berhasil mengunduh data kotak hitam atau black box berupa Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Kamis...
MI/Ramdani

OJK: Masyarakat Masih Mudah Tertipu Tawaran Investasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 13:45 WIB
BANYAK kejahatan terkait penawaran investasi atau produk usaha fintech dan gadai ilegal dan masih banyak pula masyarakat yang tertipu,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pengamat: Butuh Waktu untuk Atasi Gejolak Harga Kedelai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 13:41 WIB
Sebagai negara yang bergantung pada komoditas impor seperti kedelai, maka permasalahan terkait fluktuasi harga di domestik merupakan sebuah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya