Kamis 14 Januari 2021, 17:03 WIB

Total Perdagangan RI-Tiongkok pada 2020 Capai US$69,4 Miliar

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Total Perdagangan RI-Tiongkok pada 2020 Capai US$69,4 Miliar

Antara/Aditya Pradana
Foto udara aktivitas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

 

SEPANJANG Januari-November 2020, total perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok mencapai US$69,4 miliar, dengan nilai ekspor tercatat US$33,1 miliar. Adapun nilai ekspor pada periode tersebut meningkat 6,9% dibandingkan periode sebelumnya.

"Sementara impor dari Tiongkok menurun 11,5%. Diharapkan bisa mengurangi defisit menjadi US$3,2 miliar, dibanding tahun lalu itu turun 66,7%," papar Duta Besar RI untuk Tiongkok secara virtual, Kamis (14/1).

Dirinya berharap tren tersebut bisa berlanjut pada tahun ini. Melalui Platform Dagang Digital Indonesia Store atau IDNStore, pemerintah optimistis dapat memperbaiki kinerja ekspor Indonesia.

Baca juga: Ini Sebab Maraknya Fintech Lending di Indonesia

"Namun demikian dengan angka-angka tersebut, kita juga jangan terlena. Karena persaingan semakin ketat di Tiongkok. Peraturan-peraturannya juga semakin banyak," imbuh Djauhari.

Lebih lanjut, dia mengingatkan beberapa hambatan perdagangan yang proses negosiasinya tidak mudah. Sehingga, pendekatan Indonesia dengan Tiongkok menjadi salah satu cara untuk mengikat erat hubungan bilateral.

"Dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi bertemu dengan menteri perdagangan dan menteri-menteri lainnya, dalam sistem politik Tiongkok bisa mempengaruhi pengambilan keputusan," pungkasnya.

Baca juga: Covid-19 Berdampak pada Kerja Sama Ekonomi RI-Tiongkok

Saat ini, ekonomi digital di Tiongkok sangat berpengaruh pada perekonomian dunia. Kontribusi ekonomi digital pada PDB Tiongkok mencapai 33%. Adapun total transaksi digital di dunia hampir 50% berasal dari ekonomi digital di Tiongkok.

Untuk menopang proses ekspor, IDNStroe telah terintegrasi dengan Paypal, Alipay, WeChatPay, visa MasterCard dan China UnionPay. Dalam konteks logistik, IDNStore telah terintegrasi dengan PT Pos Indonesia, Tabita Gracia Indonesia dan lainnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Produk UMKM Ingin Diekspor, Teten : Daya Saing Produk Ditingkatkan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:21 WIB
“Untuk memperbesar kapasitas UMKM agar berkontribusi dalam ekspor nasional, KemenKopUKM tahun ini akan mendorong UMKM masuk ke sektor...
Ilustrasi

PGN Kembangkan Digitalisasi untuk Optimalkan Usaha

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 23:18 WIB
Saat ini, PGN telah memiliki sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh anak usaha sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas...
Ist

Produk Perawatan Kulit Ini Tebar Promo Belanja Online

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 22:35 WIB
Produk unggulan yang ditawarkan meliputi produk pemenang Glowpick Award...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya