Rabu 13 Januari 2021, 18:07 WIB

Kasus Penipuan Grab Toko, Penyidik Periksa Karyawan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Ekonomi
Kasus Penipuan Grab Toko, Penyidik Periksa Karyawan

Medcom.id
Aplikasi Grab Toko.

 

USAI menangkap pemilik situs jual-beli daring, Yudha Manggala Putra, 33, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri juga melakukan pemeriksaan saksi terkait kasus penipuan tersebut.

Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebutkan bahwa penyidik siber telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi. "Pemeriksaan terhadap saksi mulai dari karyawan, karyawan bank, hingga pihak lain," ucap Ahmad di Mabes Polri, Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (13/1).

Namun, Ahmad belum bisa memberikan keterangan lebih detail terkait jumlah saksi yang telah diperiksa. Sebelumnya, Direktur Utama Grab Toko Yudha ditangkap lantaran diduga pelaku penipuan daring dan pencucian uang.

Yudha diamankan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/0019/I/2021/Bareskrim. "Pelaku meminta bantuan pihak ketiga untuk membuat website belanja daring. Website ini juga diketahui menggunakan hosting di luar negeri," ucap Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Selasa (12/1).

Yudha diamankan di Jalan Pattimura Nomor 20, RT 2 RW 1, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada pukul 20.00 WIB. Slamet menyebut, kerugian mencapai Rp17 miliar dari 980 korban yang tertipu oleh Grab Toko.

Kronologinya, pelaku melancarkan aksinya dengan cara membuat website bernama GrabToko (www.grabtoko.com) yang menawarkan berbagai macam barang elektronik dengan harga yang sangat murah. Hal ini mengundang minat banyak orang yang akhirnya berbelanja tapi barang tidak kunjung dikirimkan.

Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri KBP Adex Yudiswan mengatakan ada 980 orang yang memesan barang elektronik dari situs GrabToko. Namun, hanya sembilan yang menerima barang pesanan tersebut. "Sembilan barang yang dikirimkan kepada costumer ternyata dibeli pelaku di ITC dengan harga normal," tuturnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK Seraya Perkasa Mututama

Seraya Gears Pabrik Roda Gigi Pertama di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:16 WIB
Pabrik roda gigi yang terletak di Cikarang Pusat, Indonesia, itu memiliki mesin dengan kapasitas sampai dengan diameter 5,5 meter,...
MI.Ramdani

INA dan UU Cipta Kerja Menjadi Penggerak Investasi 2021  

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:26 WIB
" Dua komponen ini jadi penggerak investasi yang menurut saya cukup menarik di 2021 dan selanjutnya," kata Ketua Umum Asosiasi...
Antara

Anggaran Kemeparekraf Dipotong Rp342 Miliar untuk Vaksinasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:25 WIB
"Program pendidikan dan pelatihan avokasi tidak terkena lakukan penghematan tetap menjadi Rp994 miliar," kata Mantan Wakil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya