Rabu 10 Juli 2019, 21:30 WIB

BPS: Tiket Pesawat Murah Bisa Tekan Inflasi

Nur Aivanni | Ekonomi
BPS: Tiket Pesawat Murah Bisa Tekan Inflasi

MI/M Irfan
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto (tengah)

 

KEPALA Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan kebijakan penurunan tarif tiket pesawat untuk maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) domestik bisa menekan tingkat inflasi.

"Kemungkinan iya kan nanti ada low cost carrier (LCC) untuk hari tertentu dan jam tertentu. Kita harapkan bisa menarik (tingkat inflasi) ke bawah," kata Suhariyanto saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7).

Saat ada penurunan tarif batas atas saja, kata dia, sudah menyumbangkan deflasi 0,04%. Maka itu, implementasi tarif tiket murah untuk LCC ke depannya bisa menekan tingkat inflasi nantinya.


Baca juga: Kapitalisasi Pasar BRI Cetak Rekor Baru


Secara terpisah, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan bahwa penurunan tarif tiket pesawat LCC domestik tersebut bisa berdampak cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi pada Kuartal I 2019 sebesar 5,07%. Susiwijono mengatakan bahwa seharusnya ekonomi bisa tumbuh lebih tinggi dari angka tersebut jika harga tiket pesawat pada periode tersebut tidak tinggi.

"Kita lebih dari situ (5,07%). Tapi kita tidak mau sebut (angka). Artinya dampak harga tiket tinggi ini bukan hanya kontribusi ke inflasi, penurunan jumlah penumpang atau ke daerah tujuan, tapi lebih jauh, bisa menghambat pertumbuhan ekonomi. Hitungan kami harusnya kuartal satu lebih dari 5,07%," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Dok Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Transformasi Digital UMKM

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:15 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan kolaborasi antarpemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan transformasi digital...
dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya