Rabu 02 November 2022, 23:40 WIB

Tidur Nyenyak Ternyata Bisa Pengaruhi Ambisi Perempuan dalam Berkarier

Devi Harahap | Weekend
Tidur Nyenyak Ternyata Bisa Pengaruhi Ambisi Perempuan dalam Berkarier

123RF
Kualitas tidur malam dalam memengaruhi suasana hati dan aspirasi perempuan terhadap pekerjaannya.

 

 Sebuah studi yang dipimpin oleh Universitas Negeri Washington, AS, menunjukkan bahwa kualitas tidur memengaruhi suasana hati wanita dan mengubah perasaan mereka tentang kemajuan dalam karier mereka.  Sementara itu, aspirasi pria tidak dipengaruhi oleh kualitas tidur.

Tim peneliti menemukan temuan ini dalam studi survei selama dua minggu terhadap 135 pekerja di Amerika Serikat. Setiap hari para peserta pertama kali mencatat seberapa baik mereka tidur dan kualitas suasana hati mereka saat ini, dan selanjutnya di kemudian hari bagaimana perasaan mereka tentang berjuang untuk lebih banyak posisi dan tanggung jawab di tempat kerja.

"Ketika wanita mendapatkan tidur malam yang baik dan suasana hati mereka meningkat, mereka lebih cenderung berorientasi pada niat sehari-hari mereka untuk mencapai status dan tanggung jawab di tempat kerja," kata penulis utama Leah Sheppard, seorang profesor di Carson College of Business WSU. 

"Jika tidur mereka buruk dan mengurangi mood positif mereka, kami melihat bahwa mereka kurang berorientasi pada tujuan tersebut," lanjutnya seperti dikutip dari sciencedaily.com, Senin (31/10).

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sex Roles, Sheppard dan rekan penulis Julie Kmec dari WSU dan Teng Iat Loi dari University of Minnesota-Duluth menyurvei karyawan penuh waktu dua kali sehari selama dua minggu kerja berturut-turut dengan total lebih dari 2.200 pengamatan.  

Para peserta menjawab pertanyaan tentang tidur malam mereka sebelumnya dan suasana hati saat ini sekitar tengah hari setiap hari dan di malam hari menjawab pertanyaan tentang niat mereka untuk mengejar lebih banyak tanggung jawab, status, dan pengaruh di tempat kerja.

Baik pria maupun wanita melaporkan kualitas tidur yang baik dan buruk selama penelitian, terutama tanpa perbedaan gender dalam kualitas tidur yang dilaporkan.  Namun, wanita lebih sering melaporkan penurunan niat untuk mengejar status lebih di tempat kerja pada hari-hari setelah malam kurang tidur.

Para peneliti hanya dapat berspekulasi tentang mengapa dampak tidur pada suasana hati memengaruhi aspirasi perempuan dan tidak pada laki-laki. Mereka menduga, itu mungkin ada hubungannya dengan perbedaan gender dalam regulasi emosi serta harapan masyarakat atau beberapa kombinasi dari faktor-faktor ini.

Penelitian ilmu syaraf telah menunjukkan bahwa wanita cenderung mengalami re-aktivitas emosional yang lebih besar dan regulasi emosi yang lebih sedikit daripada pria, dan ini dapat diperkuat oleh stereotip budaya bahwa wanita lebih emosional. 

Pada saat yang sama, stereotip laki-laki sebagai lebih ambisius daripada perempuan cenderung menambah lebih banyak tekanan bagi mereka untuk naik tangga perusahaan, jadi mungkin kualitas tidur yang buruk akan lebih kecil kemungkinannya untuk menghalangi laki-laki dari aspirasi pekerjaan mereka.

Temuan ini menyimpan beberapa kabar baik bagi wanita yang ingin memajukan karier mereka, kata Sheppard.  Misalnya, mereka mungkin mengambil beberapa langkah praktis untuk meningkatkan aspirasi kerja, mulai dari berlatih meditasi untuk membantu mengatur tidur dan emosi hingga menempatkan batasan yang lebih baik pada jam kerja, dan tentu saja, berusaha untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

 “Penting untuk bisa menghubungkan aspirasi dengan sesuatu yang terjadi di luar lingkungan kerja yang terkendali,” ujarnya.  "Ada banyak hal yang bisa dilakukan siapa saja untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan mengatur suasana hati secara umum." (M-2) 

Baca Juga

Dok. Jek

Film Indonesia Lima Tahun Mendatang Diyakini akan Makin Menarik

👤Fathurrozak 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:07 WIB
Sutradara Joko Anwar menilai perkembangan industri perfilman Indonesia lima tahun ke depan akan lebih...
Dok. Minimal

Minimal Luncurkan Koleksi Spesial Holiday 2022

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 15:52 WIB
Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, jenama lokal Minimal menghadirkan koleksi spesial Holiday...
ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Chef Juna dan Renatta Buka Restoran Antarasa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 12:45 WIB
Menu-menu yang disajikan di restoran itu mengambil filosofi from screen to plate dan terinspirasi dari serial dokumenter Youtube...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya