Sabtu 29 Oktober 2022, 12:03 WIB

Bakteri Tahan Hidup di Mars Hingga 280 Juta Tahun

Devi Harahap | Weekend
Bakteri Tahan Hidup di Mars Hingga 280 Juta Tahun

dok. NASA
Foto permukaan Mars

 

Penelitian terbaru yang dilakukan kelompok ilmuwan dari Universitas Maryland dan Universitas illinois, Amerika Serikat mengungkap, bakteri berpotensi hidup di bawah permukaan planet Mars hingga 280 juta tahun. Jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dilansir dari New Science, Kamis, (27/10), dari penelitian tersebut diketahui, bakteri yang telah mengering dan membeku dapat tetap hidup di bawah permukaan Mars. Temuan itu disebut sebagai peluang bagi para ilmuwan untuk mengungkap potensi pernah adanya kehidupan di Mars.

Bakteri dari bumi bernama Deinococcus radiodurans, bisa bertahan hidup dalam lingkungan radiasi yang setara dengan 280 juta tahun dan berada dalam 10 meter di bawah permukaan Mars. Pada penelitian sebelumnya diketahui mikroorganisme diperkirakan hanya dapat bertahan hidup hingga satu juta tahun.

“Bakteri dapat bertahan di lingkungan permukaan Mars yang kering dan dingin hingga 280 juta tahun,” ujar salah satu peneliti, Brian Hoffman.

Hoffman menyebutkan, bakteri beku serta kering terkena air dalam kurun waktu tertentu, mikroorganisme itu akan kembali aktif dari kondisi normal mereka dan mencegah kerusakan serta memperbaiki DNA organisme. Hal ini memungkinan para peneliti untuk menemukan mikroorganisme dalam kondisi yang hidup menjadi meningkat, tetapi peluangnya tidak besar.

Planet Mars yang memiliki atmosfer yang sangat tipis diperkirakan telah mengering sekitar 2 miliar tahun yang lalu, sehingga bakteri apa pun kemungkinan besar sudah mati sekarang. Akan tetapi DNA dan tanda-tanda kehidupan lainnya bisa eksis sebagai fragmen, bahkan jika organisme itu sudah lama mati.

Umur panjang bakteri di sisi lain dapat memudahkan para ilmuwan untuk menemukan bukti adanya kehidupan yang pernah terjadi di Mars. Namun, ketika para penjelajah luar angkasa tiba di sana untuk menjalankan misi, hal itu bisa jadi membuat bakteri terkontaminasi dengan organisme yang dibawa dari Bumi.

"Penting untuk memastikan bahwa mikroorganisme Bumi tidak terbawa ke Mars kemudian dikira sebagai makhluk luar angkasa. Jika kita mencemari area tempat kita mendarat,” kata ilmuwan NASA, John Rummel.

(M-4)

Baca Juga

Unsplash/ Jakub Kapusnak

Ini Alasan Telur Tidak Pelu Dicuci

👤Nike Amelia Sari 🕔Selasa 29 November 2022, 06:05 WIB
Penucian telur justru dapat mendorong bakteri yang ada pada cangkang masuk ke dalam...
123RF

Studi: Kehamilan Segera Setelah Keguguran Tidak Lagi Sarat Risiko

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 28 November 2022, 21:57 WIB
Perempuan yang merasa siap untuk mencoba lagi segera setelah keguguran bisa melakukannya sepanjang tidak ada alasan medis yang melarang...
Dok. Youtube Elbit Systems

Lanius, Drone Pembunuh Buatan Israel yang Tuai Kritikan

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 28 November 2022, 12:22 WIB
Sebuah perusahaan teknologi robot asal Israel, Elbit Systems, mengumumkan akan merilis produk terbaru mereka, drone pembunuh bernama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya