Jumat 29 April 2022, 15:16 WIB

Pariwisata dan Konservasi Mesti Jalan Beriringan

Putri Rosmalia | Weekend
Pariwisata dan Konservasi Mesti Jalan Beriringan

dok pribadi
Direktur dan Peneliti Senior di Blue Parks, Marine Conservation Institute, Sarah Hameed

 

Aktivitas manusia menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan di berbagai wilayah, termasuk di sejumlah  kawasan yang dijadikan objek pariwisata. Oleh karena itu, pariwisata dan konservasi harus dilakukan secara beriringan.

Direktur dan Peneliti Senior di Blue Parks, Marine Conservation Institute, Sarah Hameed, mengatakan tak semua negara dan daerah memiliki kemampuan untuk membiayai jalannya konservasi. Karena itu, pengembangan pariwisata menjadi sangat penting karena dana yang dihasilkan juga dapat menopang kebutuhan  pemeliharaan alam.

“Pada banyak wilayah pariwisata sangat berperan penting bagi pengumpulan dana untuk konservasi. Jadi di banyak wilayah memang tak bisa dipisahkan,” ujar Sarah, ketika diwawancara secara virtual yang difasilitasi Kedubes AS, Kamis, (21/4). Marine Conservation Institute adalah organisasi nirlaba di bidang konservasi laut yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat.

Hameed mengatakan meski kerap kontradiktif, sebenarnya pariwisata dan konservasi sangat mungkin berjalan beriringan. Kuncinya, kata dia, ada di manajemen yang tepat agar tercipta industri pariwisata yang berkelanjutan.

“Pengelola wisata harus lebih serius untuk kegiatan konservasi karena kalau alam tidak dirawat dan rusak akibat aktivitas pariwisata nantinya tidak akan lagi ada wisatawan yang mau berkunjung karena keindahan alamnya sudah hilang,” ujar Hameed.

Di Indonesia, menurut Hameed, keselarasan antara industri pariwisata dan konservasi masih harus diupayakan agar bisa tercapai, Khususnya di lokasi-lokasi pariwisata yang menawarkan keindahan laut.

“Kita tahu banyak sekali lokasi untuk menyelam di Indonesia yang didatangi wisatawan dan tentu harus dimaksimalkan manajemen pengelolaannya yang berkelanjutan agar bisa tetap terjaga serta berdampak positif untuk ekonomi di wilayahnya,” tutup Hameed. (M-4)

Baca Juga

Christophe Archambault/ AFP

Givenchy dan Disney Segera Rilis Koleksi Kolaborasi

👤Putri Rosmalia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 15:20 WIB
Beberapa tokoh Disney yang kemungkinan akan ditampilkan pada koleksi kolabirasi ini  di antaranya adalah Putri Elsa, Olaf,...
dok: Pixar

Elemental jadi film ke-27 Pixar, Terinspirasi dari Keluarga Sutradara

👤Fathurrozak 🕔Selasa 17 Mei 2022, 13:40 WIB
Ide cerita film ini terinspirasi dari masa kecil Sohn di New...
123RF

Ini Lo Manfaat Bermain Gim Terhadap IQ

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 16 Mei 2022, 21:49 WIB
Penelitian terhadap ribuan anak di AS melihat korelasi antara durasi bermain gim dan tingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya