Jumat 08 Oktober 2021, 04:45 WIB

Membentuk Tubuh Bugar dan Sehat dengan Sports Therapy

Basuki Eka Purnama | Weekend
Membentuk Tubuh Bugar dan Sehat dengan Sports Therapy

Dok Pribadi
Michael Triangto dan buku barunya yang berjudul Langsing dan Sehat dengan Sports Therapy. 

 

PENURUNAN berat badan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan, tidak hanya bagi kelompok masyarakat yang memiliki masalah berat badan saja, melainkan juga bagi yang berat badannya sudah ideal. Alasannya, mereka tetap ingin mempertahankan kondisi tersebut sekaligus tetap memiliki bentuk tubuh yang menawan meski usia terus bertambah.

Masalah obesitas dapat ditemui pada setiap tingkatan status sosial masyarakat. TIngginya angka kejadian obesitas merupakan indikator dari suatu sistem kesehatan yang masih harus disempurnakan. 

Kondisi sosial, ekonomi, dan budaya dapat memengaruhi terjadinya obesitas pada suatu kelompok masyarakat. Selain itu, obesitas juga memiliki korelasi yang erat dengan tingkat kesehatan seseorang. 

Baca juga: Jurnalisme Data jadi Pemungkas Pelatihan Reporter Muda Media Indonesia

Dengan kemajuan teknologi dan perbaikan taraf ekonomi masyarakat, hal itu berdampak pada peningkatan jumlah penderita obesitas yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan potensi terjadinya penyakit-penyakit penyertanya.

Data Riskesdas 2018 Kemenkes RI menyebutkan penderita kelebihan berat badan dan obesitas di Indonesia sejak 2007, 2013, 2018, angka kejadiannya terus meningkat. Hal itu menandakan masa depan generasi muda terancam dengan berbagai macam penyakit tidak menular. 

Oleh karena itu, masyarakat, khususnya para orangtua, perlu mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah berat badan. Tujuannya agar dapat mengubah pola penanganan berat badan yang selama ini tidak optimal dengan program yang bersifat holistik.

Spesialis Kedokteran Olahraga yang juga Direktur Slim and Health Sports Center Jakarta Michael Triangto, baru-baru ini, meluncurkan buku yang berjudul Langsing dan Sehat dengan Sports Therapy. 

Buku itu adalah buku kelima Michael setelah Langsing dan Bugar ala Bye Bye Big (2012), Senam Segar Mama (2014), Jalan sehat dengan Sports Therapy (2014), dan Holiday Diet dengan Sports Therapy (2015).

Dikatakan Michael, “Sports therapy diet adalah diet yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan aman bagi orang sehat, yang dapat diterapkan pada saat melakukan latihan-latihan sports therapy. Tujuan Sports Therapy adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan membantu penyembuhan penyakit.”

Buku Langsing dan Bugar dengan Sports Therapy membahas berbagai permasalahan berat badan secara mudah dan jelas. Pembaca diajak memahami berbagai mitos yang berkembang selama ini, salah persepsi, kesalahan cara berolahraga, dan hoaks yang berdampak pada program penurunan berat badan menjadi gagal. 

Selain itu, Michael juga memaparkan jenis olahraga yang ditujukan untuk kesehatan dalam menurunkan berat badan, tetapi tetap memberikan keleluasaan pada para penderita untuk tetap dapat menikmati makanan kegemarannya. 

Dengan tetap makan seperti biasa seraya melakukan sports therapy, pembakaran kalori berlebih tersebut akan teratasi, yaitu tanpa perlu melakukan olahraga berat, juga tanpa menggunakan obat-obatan yang biasa digunakan untuk membantu proses penurunan berat badan. 

Dengan demikian, program yang dilakukan akan jauh lebih mudah, aman, nyaman, dan mampu menurunkan berat badan secara mandiri dan jangka waktu yang lama.

“Berbagai macam diet dirumuskan untuk memberikan penurunan berat badan yang bermakna, tetapi sayangnya tubuh terlalu pandai untuk mengantisipasi diet yang selama ini dijalankan. Akibatnya, penurunan berat badan menjadi mandek dan tubuh seakan-akan menunjukkan kekuasaannya untuk tidak lagi mau mengikuti perintah otak agar melanjutkan penurunan berat badan. Untuk itu keadaan ini harus disikapi dengan melakukan strategi yang tepat agar tubuh mau kembali diajak bekerja sama dalam melanjutkan program penurunan berat badan,” kata pria, yang pada 2020 lalu dianugerahi penghargaan dari Kemenpora atas usahanya selama ini dalam meningkatkan prestasi atlet Indonesia terutama atlet bulu tangkis. (RO/OL-1)

Baca Juga

Instagram @svhoffical

Tentang Dualisme Kehidupan di Koleksi Baru SVH Official

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:05 WIB
Dalam koleksi musim gugur/ dingin 2021/2022 ini digunakan juga konsep slow...
AFP

Gaya Busana Ala Drakor Diprediksi Dominasi Tren Busana 2022

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 06 Desember 2021, 07:15 WIB
Busana sehari-hari dan semiformal ala K-drama diprediksi akan menjadi sangat populer di tahun...
AFP/JUNI KRISWANTO

Waspadai Dampak Debu Vulkanik bagi Kesehatan

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 06 Desember 2021, 06:51 WIB
Dalam jangka panjang, terhirupnya abu vulkanik dalam juamlah banyak dapat menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya