Selasa 14 September 2021, 11:52 WIB

NASA Temukan Banyak Bukti Unsur Kehidupan di Planet Mars

Gaih Agus Saputra | Weekend
NASA Temukan Banyak Bukti Unsur Kehidupan di Planet Mars

AFP
Program eksplorasi planet Mars yang dilakukan NASA

Usai beberapa waktu lalu berhasil mengambil dua batu bernama 'Montdenier' dan 'Montagnac,' Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini merilis hasil analisis sampel dari Planet Mars tersebut. Batu yang berasal dari situs atau Kawah Jezero tersebut diperkirakan memiliki komposisi basaltik, yang terbentuk dari aliran lava purba dan menyimpan garis waktu.

NASA sebelumnya telah memperkirakan kawah itu dulunya memang berisi air. Meski belum dapat memberikan prediksi berapa lama air bertahan di situs, bukti ini diperkirakan dapat menjadi petanda kawah purba itu dulunya ialah 'lingkungan berkelanjutan yang berpotensi layak huni.'

Mitch Schulte, ilmuwan yang menjalankan misi kali ini mengatakan, sampel batuan memiliki nilai tinggi untuk analisis laboratorium masa depan di Bumi. Menurutnya, suatu hari para ilmuwan pasti dapat mengetahui urutan waktu dan kondisi lingkungan dengan lebih teliti melalui kandungan mineral dalam batuan ini.

"Ini akan membantu menjawab pertanyaan ilmiah yang menjadi gambaran besar tentang sejarah dan stabilitas air purba di Mars," tuturnya, seperti dilansir dari Dailymail, Senin, (13/9).

Tim Tanah yang berkerja bersama Schulte juga menemukan adanya garam dalam sampel batuan. Kandungan ini diperkirakan terbentuk ketika air tanah mengalir dan mengubah mineral asli dalam sampel, atau mungkin ketika air tersebut menguap hingga kemudian menyisakan garam.

"Mineral garam di dua batu pertama ini kemungkinan juga telah menjebak gelembung air kecil Mars purba. Jika benar-benar ada, mereka dapat berperan sebagai kapsul waktu mikroskopis, yang menawarkan petunjuk tentang iklim purba dan kelayakhunian Mars. Mineral garam di Bumi juga terkenal karena kemampuannya melestarikan tanda-tanda kehidupan purba," imbuh Schulte. (M-4)

 

Baca Juga

AFP/MIGUEL MEDINA

Pengganti Daniel Craig Bakal Dicari Tahun Depan

👤Fathurrozak 🕔Selasa 28 September 2021, 21:00 WIB
Produser waralaba James Bond, Barbara Broccoli menyebutkan pencarian pemeran agen 007 pengganti Daniel Craig baru akan dicari mulai tahun...
Instagram Noice

Fitur Live Kini Hadir di Platform NOICE

👤Irana 🕔Selasa 28 September 2021, 20:09 WIB
Fitur interaktif ini memungkinkan para kreator untuk dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real...
Dok. Titik Pintar

Titik Pintar Tawarkan Pembelajaran Jarak Jauh Gratis bagi Siswa SD

👤Irana 🕔Selasa 28 September 2021, 18:36 WIB
Saat ini, Titik Pintar menawarkan konten Matematika dan Sains untuk kelas 4 dan 5 serta akan memperluas materi pembelajaran untuk kelas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Porsi Terbesar Operasi untuk Edukasi

Protokol kesehatan pun menjadi fokus Operasi Patuh Jaya 2021

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya