Selasa 04 Mei 2021, 11:01 WIB

Susul Barcelona, Liverpool Gelar Konser Uji Coba

Fathurrozak | Weekend
Susul Barcelona, Liverpool Gelar Konser Uji Coba

123RF/Anton Gvozdikov
Ilustrasi konser di ruang terbuka.

Konser uji coba pernah dilakukan di Barcelona, Spanyol, melibatkan lima ribu penonton. Laporan pada akhir April, konser yang berlangsung di dalam ruangan itu tercatat enam kasus positif covid-19. Di Liverpool, Inggris, akhir pekan kemarin juga menyusul uji coba penyelenggaraan festival musik.

Lima ribu orang penggemar musik yang berkerumun, menari, melompat, dan bernyanyi bersama. Tidak ada masker. Tidak ada aturan jaga jarak. Tidak ada pengenaan denda. Ini mengingatkan kita pada pemandangan umum yang terjadi di festival musik, setidaknya yang bisa dijumpai pada 13 bulan lalu.

Itu adalah konser uji coba yang berlangsung pada akhir pekan kemarin di Sefton Park, Liverpool, Inggris. Konser uji coba itu merupakan inisiasi pemerintah untuk meneliti seberapa besar risiko dari pertemuan masif dapat berlangsung dengan aman lagi.

Penonton harus tes covid di salah satu dari empat lokasi yang telah disediakan di kota sehari sebelumnya, dan hanya diizinkan masuk jika hasil tes mereka negatif. Mereka juga sangat dianjurkan untuk melakukan tes PCR yang lebih sensitif pada hari pertunjukan dan melakukannya lagi lima hari kemudian, pada Jumat. Itu sangat penting untuk mengetahui apakah ada penyebaran virus.

Para peneliti juga mempelajari faktor-faktor lain seperti pergerakan dan interaksi penonton, ventilasi udara, durasi konser, katering, dan konsumsi alkohol para penonton selama acara berlangsung.

"Itu seperti tidak nyata. Rasanya seperti melompat keluar dari pesawat. Jantungku berdebar kencang. Itu sangat emosional. Saya mencoba untuk tetap bersama penonton di atas panggung. Tapi selama lagu terakhir saya tersendat, dan ketika saya turun dari panggung, saya bahkan tidak malu untuk mengakui saya menangis. Sungguh menakjubkan,” kata salah seorang penulis lagu dan penyanyi dari Liverpool Zuzu, dikutip dari BBC, Selasa, (4/5).

Para penonton yang turut dalam konser uji coba itu pun tidak kalah emosional. Banyak dari mereka yang bernostalgia, seakan peristiwa itu terakhir mereka rasakan adalah dua tahun silam.

“Ini seperti kilas balik ke dua tahun lalu. Rasanya seperti kembali ke keadaan dulu. Kita pada dasarnya sudah seperti hewan yang dikurung selama sekitar dua tahun, bukan?” Kata salah seorang penonton Alex Druce.

“Senang rasanya berada di saat ini. Kamu merasa hidup kembali. Kami membutuhkan lebih banyak. Saya sangat merindukannya,” ungkap Chloe, penonton lainnya.

Beberapa penonton konser memang mengakui mereka cemas berada di tengah keramaian lagi setelah sekian lama. Proses pengujian sebagian besar terbukti meyakinkan, dan keberhasilannya akan membantu menentukan apakah kita akan segera melihat peristiwa seperti ini lagi.

Konser yang berlangsung selama enam jam itu mengikuti dua acara uji coba sebelumnya di klub malam Liverpool, yang dihadiri tiga ribu orang per malam pada Jumat dan Sabtu.

“Kami telah bekerja sangat keras untuk melakukan semuanya tepat di belakang layar - semua pengujian - untuk menciptakan suasana yang tidak terasa steril dan tidak terasa seolah-olah Anda sedang dalam pengujian atau pertunjukan percontohan atau eksperimen,” kata direktur pelaksana Festival Republic Melvin Benn.

“Dan kami menciptakan suasana yang akan diingat orang mulai tahun 2019. Orang-orang akan berpikir, inilah yang telah mereka lewatkan,” lanjut Benn.

Beberapa festival, seperti Glastonbury, telah dibatalkan untuk musim panas ini, sementara yang lain sedang menunggu. Reading dan Leeds, adalah festival terbesar yang tersisa di kalender musim panas ini, dan tiketnya sudah terjual habis. Nasib musim festival yang akan datang tidak hanya bergantung pada kemampuan untuk membuktikan acara individu bisa aman.

Penyelenggara juga meminta pemerintah untuk memberikan asuransi jika ada lonjakan kasus covid dan festival terpaksa harus dibatalkan dalam waktu singkat. Asuransi itu mengingat banyak uang yang sudah dihabiskan untuk persiapan. (BBC/M-2) 

Baca Juga

storypoint.com

Lima Aplikasi Digital Ramah Orang Tua, Coba Yuk!

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:49 WIB
Pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri tahun ini, bertemu dengan orang tua dan keluarga harus dibantu...
healthline.com

Ketahui Cara Membatasi Makanan Bersantan agar Tetap Aman

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 17:09 WIB
Santan yang masuk ke dalam golongan lemak jenuh yang perlu dibatasi, yakni kurang dari 7 persen total kalori harian atau sekitar 15 gram...
YouTube BRITs

Billie Eilish Pertahankan Gelar di BRIT Awards

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 12 Mei 2021, 11:33 WIB
Tahun lalu, Eilish meraih penghargaan BRIT di kategori...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya