Selasa 20 April 2021, 04:05 WIB

Facebook bakal Buat Aplikasi Mirip Clubhouse

Adiyanto | Weekend
Facebook bakal Buat Aplikasi Mirip Clubhouse

Fayez Nureldine / AFP
Clubhouse, aplikasi audio milik Apple

Facebook, Senin (19/4)  berencana merilis produk audionya agar pengguna mereka dapat berbicara satu sama lain seperti halnya aplikasi Clubhouse yang kini berkembang pesat.

"Kami pikir banyak keajaiban terjadi antara format audio, serta pada pertemuan teks, audio dan video," kata kepala aplikasi Facebook Fidji Simo dalam sebuah posting blog.

Rencana Facebook untuk memasukkan platform audio ke dalam jejaring sosial dilakukan untuk mencegah kehilangan pengguna karena Clubhouse.

Facebook telah melihat peningkatan para pengguna aplikasi dari panggilan audio di jejaring sosial hingga meninggalkan pesan lisan aplikasi WhatsApp Messenger.

Perusahaan raksasa di Silicon Valley itu kini sedang membangun alat kreasi audio baru yang digambarkan Simo sebagai "seperti memiliki studio suara di saku Anda."

“Alat tersebut akan memungkinkan orang membuat Soundbites singkat seperti lelucon, anekdot, atau pemikiran spontan,” kata Simo.

"Meskipun kami sangat percaya pada kekuatan audio bentuk pendek, kami juga tahu bahwa beberapa cerita dan percakapan layak mendapatkan lebih banyak waktu tayang," imbuhnya.

Menurut Simo, dalam beberapa bulan ke depan pengguna facebook akan dapat mendengarkan podcast langsung di aplikasi itu, baik saat menggunakan media sosial itu atau tidak.

Sebagai bagian dari langkah itu, Facebook akan memperluas kemitraannya dengan Spotify sehingga pengguna dapat berbagi dan mendengarkan podcast.

Facebook juga berencana untuk mulai menguji Live Audio Rooms. Fitur itu diharapkan tersedia untuk semua pengguna pada pertengahan tahun ini.

Simo juga berjanji mengupayakan agar orang-orang yang membuat konten di fitur itu dapat menghasilkan uang.

“Pembuat konten yang menghosting Ruang Audio Langsung akan bisa mendapatkan bayaran langsung dari penggemar, dan Facebook berencana menambahkan opsi untuk mengenakan biaya untuk aksesnya,” kata Simo seraya menjamin erlindungan keamanan dan privasi pengguna.

Berita itu muncul sehari setelah Clubhouse mengatakanmenutup putaran pendanaan baru karena aplikasi audio langsung yang populer itu telah meraup pendanaan sekitar US$4 miliar (sekitar Rp58,2 Triliun).

Diluncurkan tahun lalu, platform yang berbasis di San Francisco itu ingin memantapkan dirinya sebagai pembawa standar untuk audio digital dan telah menginspirasi produk peniru. Aplikasi terbaru yang ada di iOS ini didirikan pada 2020,  Clubhouse merupakan media sosial buatan AS yang berbasis audio saat ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone.

“Langkah Facebook adalah respons alami menghadapi ancaman persaingan," kata analis teknologi Rob Enderle dari Enderle Group.

"Jika Anda tidak melakukan apa-apa, Anda bisa menjadi MySpace (aplikasi yang telah gulung tikar)," tambahnya.

 

(AFP/M-4)

 

Baca Juga

Mohamed el-Shahed / AFP

Ratusan Makam Berusia 4200 Tahun Ditemukan di Mesir

👤Adiyanto 🕔Rabu 12 Mei 2021, 08:05 WIB
Usia kuburan itu berkisar dari akhir Kerajaan Lama hingga akhir periode...
PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP

Warisan Kemanusiaan Mendiang Bob Marley

👤Adiyanto 🕔Rabu 12 Mei 2021, 07:05 WIB
Dia tetap hidup mewaili suara-suara yang...
John Marshall/AFP via Getty Image

Trio Little Mix Buat Sejarah di BRIT Awards

👤Irana 🕔Rabu 12 Mei 2021, 05:35 WIB
Untuk pertama kalinya, ada band/grup musikus perempuan mendapat penghargaan grup/band...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya