Jumat 13 Mei 2022, 18:50 WIB

Studi: Akuarium Bermanfaat Pada Kesehatan

Galih Agus Saputra | Weekend
Studi: Akuarium Bermanfaat Pada Kesehatan

Unsplash/ Huy Phan
Studi dari Universitas Plymouth dan Universitas Exeter, Inggris, menunjukkan jika memandangi akuarium dapat berdampak positif pada kesehatan

 

ORANG yang mengisi waktu luang di rumah dengan menonton akuarium dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan ketenangan yang pada akhirnya dapat berdampak pada kesejahteraan.

Sebab kegiatan itu berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Sebuah studi yang dikerjakan para ahli Akuarium Laut di Universitas Plymouth dan Universitas Exeter menilai bahwa fisik dan mental seseorang memiliki tingkat tanggapan yang berbeda tergantung jumlah ikan.

Semakin banyak ikan di akuarium maka penurunan tekanan darah dan detak jantung akan semakin signifikan.

Oleh karena itu, jumlah ikan yang banyak dalam akuarium mampu membuat orang semakin fokus pada sebuah perhatian. Mereka juga lebih piawai dalam memperbaiki suasana hatinya.

Baca juga: Ini Daftar Tanaman yang Bisa Hidup di Aquascape

Pelajar sekaligus peneliti, Deborah Cracknell mengatakan bahwa temuan itu sangat penting dalam studi pertama di bidangnya ini.

"Tangki ikan atau pajangan sering dikaitkan dengan upaya menenangkan pasien di ruang operasi dokter dan ruang tunggu gigi.

Studi ini, untuk pertama kalinya, memberikan bukti kuat bahwa 'dosis' paparan pemandangan bawah air sebenarnya dapat memiliki dampak positif pada kesejahteraan manusia," tuturnya, seperti dilansir Sciencedaily.

Adapun studi ini sendiri dilakukan di sebuah wahana akuarium besar berkapasitas 550.000 liter. Jenis ikan di dalamnya sangat beragam tentu tak terhitung jumlahnya.

Baca juga: Atasi Stres dengan Meningkatkan Kualitas Tidur

Tekanan darah orang yang menjadi partisipan penelitian ini berkorelasi dengan jumlah ikan yang ditambahkan secara bertahap.

"Penelitian kami menunjukkan akuarium dan ikan dapat menawarkan sejumlah manfaat yang sebelumnya belum ditemukan.

Dalam masa stres kerja yang lebih tinggi dan kehidupan perkotaan yang padat,  mungkin akuarium bisa masuk dan menjadi oasis ketenangan dan relaksasi," imbuh Sabine Pahl, ahli psikologi yang terlibat penelitian ini. (M-1)

Baca Juga

Dok GoSend

GoSend Rilis Buku Kiat UMKM jadi Best Seller di Era Digital

👤Irana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:56 WIB
Dalam penulisan buku ini, pihaknya melibatkan sejumlah pakar bisnis dan UMKM yaitu Rhenald Kasali, Yudo Anggoro, Yuswohady, Wulan Ayodya,...
MI/HO

Ohaiaho Rilis Serum untuk Atasi Jerawat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:15 WIB
Riset dari  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan 22% perempuan dewasa terkena jerawat, dibanding laki-laki...
MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya