Kamis 05 Januari 2023, 12:45 WIB

Umtiti Jadi Sasaran Serangan Rasisme Pendukung Lazio

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Umtiti Jadi Sasaran Serangan Rasisme Pendukung Lazio

Twitter @OfficialUSLecce
Bek Lecce Samuel Umtiti

 

PEMAIN Prancis Samuel Umtiti dilaporkan meninggalkan lapangan dengan menitikan air mata setelah dia dan rekan setimnya di Lecce, Lameck Banda, menjadi sasaran serangan rasisme pendikung tim tamu, Lazio, di laga Serie A, Kamis (5/1) dini hari WIB.

Wasit menghentikan pertandingan di babak kedua karena ejekan rasis dari sektor pendukung tim tamu yang ditempati para pendukung Lazio, lapor kantor berita Italia, Ansa.

Umtiti, bek kelahiran Kamerun, yang menjadi juara Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis, yang bergabung dengan Lecce dengan status pinjam dari Barcelona, menjadi sasaran serangan rasis pendukung Lazio.

Baca juga: Dzeko Pastikan Napoli Derita Kekalahan Pertama di Serie A Musim Ini

Para pendukung Lazio juga mengalamatkan serangan rasis terhadap pemain Zambia, Banda, di babak pertama.

Presiden Lecce Saverio Sticchi Damiani mengatakan wasit menghentikan laga dan setelah pengumuman stadion meminta ejekan itu berhenti, Umtiti meminta agar laga dilanjutkan.

Di akhir laga, Umtiti meninggalkan lapangan sembari menangis disambut tepuk tangan sembari berdiri oleh para pendukung Lecce.

"Dia mau menanggapi serangan rasis itu dari lapangan. Dia bertindak layanya seorang juara," ujar Damiani seperti dilansir rusat kabar Gazzetta dello Sport.

Lecce, yang menang 2-1 atas Lazio, memuji sikap pendukung mereka menanggapi ejekan rasisme terhadap Umtiti.

"Ejekan rasisme itu tidak terdengar karena dukungan dari para pendukung kami!" cicit Lecce di Twitter sembari menampilkan tagar #KeepRacismOut.

Presiden FIFA Gianni Infantino kemudian menyatakan dukungannya kepada Umtiti dan Banda.

"Mari kita serukan dengan keras dan jelas, TIDAK KEPADA RASISME. Semoga mayoritas pendukung berani bersuara untuk membungkan rasisme, saat ini dan selamnya," ungkap Infantino lewat Instagram.

Ini bukan kali pertama insiden rasisme terjadi di sepak bola Italia terutama yang melibatkan klub yang memiliki kaitan dengan kelompok sayap kanan.

Kelompok pendukung fasis sudah biasa di Italia, Kelompok ultras Lazio, Irriducibili memiliki keterkaitan dengan kelompok sayap kanan sejak 1970-an. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Amerika Serikat Tuan Rumah Copa America 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:52 WIB
AMERIKA Serikat akan menjadi tuan rumah Copa America 2024. Demikian pengumuman yang dikeluarkan, Jumat...
ANTARA

Pelatih Jeonnam Dragons Berharap Asnawi Cepat Beradaptasi

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:39 WIB
ASNAWI Mangkualam telah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Jeonnam Dragons. Kedatangan pesepakbola berusia 23 tahun tersebut disambut...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Polisi Selidiki Penyerangan Bus Tim Arema Usai Laga di Sleman

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 20:38 WIB
Bus yang ditumpangi pemain Arema FC mengalami kaca pecah setelah berakhirnya laga lanjutan Liga 1 di Sleman, DIY, Kamis (26/1). Peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya