Kamis 17 November 2022, 05:45 WIB

Iriawan Pastikan PSSI akan Patuhi Masukan FIFA Soal KLB

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Iriawan Pastikan PSSI akan Patuhi Masukan FIFA Soal KLB

ANTARA/Didik Suhartono
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

 

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan pihaknya akan mengikuti masukan FIFA terkait jadwal Kongres Luar Biasa (KLB), meski surat dari FIFA terkait jadwal itu dinilai janggal oleh anggota Komite Etik FIFA periode 2007-2011 Dali Tahir.

"Kami mengikuti surat yang sudah ada," ujar Iriawan di Jakarta, Rabu (16/11).

Purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu pun memastikan PSSI akan melaksanakan KLB tersebut dengan maksimal sesuai rencana.

Baca juga: Iwan Bule: Satgas Transformasi Sepak Bola Rumuskan Laporan Awal

Hal senada juga diutarakan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi ketika dihubungi, Rabu (16/11).

"KLB sesuai dengan keputusan Exco (Komite Eksekutif) dan surat dari FIFA," kata Yunus.

Anggota Komite Etik FIFA periode 2007-2011 Dali Tahir, yang bernama lengkap Gelora Surya Dharma Tahir, menilai surat balasan FIFA kepada PSSI soal jadwal kongres luar biasa (KLB) janggal.

"PSSI berkirim surat ke Sekretaris Jenderal FIFA (Fatma Samoura), tetapi surat jawabannya malah datang dari Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA. Ini ibaratnya, kita bersurat ke gubernur, tetapi yang balas camat," kata pria berusia 75 tahun itu.

Hal ganjil lain, lanjut Dali, adalah PSSI bersurat ke Sekjen FIFA yang ada di Zurich, Swiss, tetapi FIFA membalas melalui Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA Kenny Jean-Marie di Paris, Prancis.

Menurut dia, hal tersebut hampir tidak pernah terjadi di FIFA.

"Seharusnya PSSI mempertanyakan itu kepada FIFA," tutur anggota Komite Eksekutif (Exco) AFC periode 2003-2007 dan 2007-2011 itu.

Pada 31 Oktober 2022, dalam surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 yang ditandatangani Sekjen PSSI Yunus Nusi dan ditujukan ke Sekjen FIFA Fatma Samoura, PSSI melaporkan bahwa kongres biasa memilih ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) akan digelar pada 18 Maret 2023.

Sebelum KLB, PSSI juga memberitahukan kepada FIFA bahwa akan ada kongres untuk menetapkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 7 Januari 2023.

FIFA kemudian menanggapi surat tersebut dengan surat yang ditujukan ke Sekjen PSSI. Akan tetapi, surat itu bukan ditandatangani oleh Sekjen FIFA Fatma Samoura melainkan Ketua Pengurus Asosiasi Anggota Kenny Jean-Marie dengan lokasi surat di Paris.

Dalam dokumen tersebut, FIFA mengusulkan kepada PSSI agar kongres biasa untuk penentuan KP dan KBP dilaksanakan 14 Januari 2023 serta KLB pada 16 Februari 2023.

PSSI lalu menerima usulan tersebut dan menetapkan kongres biasa serta KLB berlangsung pada tanggal-tanggal tersebut. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

Jelang Laga Kontra Persik, Persija Siap Tampilkan Tim Terbaik

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:39 WIB
Menurut Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll, timnya cukup mempersiapkan pemulihan kondisi fisik jelang laga melawan Persik Kediri di...
Paul ELLIS / AFP

The Three Lions Pantang Bertahan Hadapi Prancis

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:52 WIB
Southgate mengatakan Inggris sekarang adalah tim yang telah berkembang pesat dalam hal mentalitas. Mereka mencapai semifinal Piala...
AFP/FABRICE COFFRINI

Kesolidan Portugal Diuji Singa Atlas

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:27 WIB
"Saya akan menggunakan apa yang saya yakini sebagai strategi yang tepat, seperti yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya