Kamis 08 September 2022, 16:45 WIB

Jokowi Minta Stadion Piala Dunia U-20 Diperbaiki

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Jokowi Minta Stadion Piala Dunia U-20 Diperbaiki

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi pemain sepak bola berlatih di Stadion Madya GBK

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh fasilitas olahraga diperbaiki menjelang pelaksanaan Piala dunia U-20 tahun depan. Hal itu disampaikan saat rapat bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/9).

Ada enam stadion yang disiapkan pemerintah untuk menjadi venue Piala Dunia U20 2023 yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Zainudin mengatakan, Indonesia sebenarnya sudah siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sejak tahun lalu. Namun, karena adanya penundaan, sejumlah fasilitas menjadi terpakai untuk ajang olahraga lain sehingga mengalami penurunan kualitas hingga rusak.

"Seperti Stadion Manahan Solo yang tadinya sudah siap, tetapi pada saat itu kita gunakan untuk turnamen pramusim, kemudian untuk kompetisi Liga 1 dan terakhir digunakan untuk ASEAN Para Games, sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi. Sama halnya dengan stadion-stadion lainnya, seperti Si Jalak Harupat, Bandung dan lain sebagainya,” kata Zainudin, Kamis (8/9).

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah melakukan inspeksi ke Indonesia pada Juni 2022 dan menemukan masih terdapat sejumlah kekurangan yang harus segera dilengkapi seperti kondisi infrastruktur dan kebutuhan peralatan. FIFA mengharapkan kekurangan tersebut dapat dilengkapi selambat-lambatnya bulan Oktober 2022.

Baca juga: Logo Piala Dunia U-20 Resmi Dirilis, Indonesia Matangkan Persiapan

Zainudin menambahkan, keputusan akhir mengenai stadion mana saja yang menjadi venue Piala Dunia U-20 akan ditentukan usai inspeksi FIFA pada Oktober nanti.

"FIFA sampai dengan hari ini belum menetapkan dari 6 itu, jadi tetap enam itu. Tergantung inspeksi nanti yang mereka akan datang, sekitar akhir Oktober atau awal November di situ kita akan ketahui," ujar Zainuddin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melaporkan ke Presiden Jokowi tentang persiapan dan kondisi tim nasional termasuk soal rencana naturalisasi pemain. Iriawan menyebut ada tujuh pemai keturunan Indonesia yang akan akan dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 tahun depan.

Ketujuh nama pemain keturunan tersebut adalah permintaan pelatih Shin Tae Yong. Tanpa menyebutkan nama, Iriawan mengatakan semua pemain yang diajukan Shin saat ini menetap di Belanda.

"Yang dua pemain sudah pasti mau karena kami sudah komunikasi. Sedangkan lima pemain lagi akan kami komunikasikan selanjutnya. PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga si pemain,’’ ungkap Iriawan.(OL-5)

Baca Juga

AFP/Joe Klamar

Kroasia dan Belanda Melaju ke Semifinal Liga Negara UEFA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 05:46 WIB
Kroasia menang 3-1 atas Austria sementara Belanda menang tipis 1-0 atas...
AFP/Geoff Caddick

Kalah dari Polandia, Wales Terdegradasi dari Liga A Liga Negara UEFA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 05:39 WIB
Page kembali dipaksa menurunkan formasi pemain coba-cobanya setelah Aaron Ramsey, Ben Davies, dan Joe Allen mengalami...
AFP

Lukaku Tutup Pintu Kembali ke Chelsea

👤Ant 🕔Minggu 25 September 2022, 21:13 WIB
Lukaku berharap dirinya dapat kembali mengulang sukses bersama Inter ketika pada musim 2020/21 mereka mampu keluar sebagai juara Liga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya