Kamis 09 Juni 2022, 12:15 WIB

Tiga Klub Belanda Gunakan Teknologi untuk Perangi Rasisme

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Tiga Klub Belanda Gunakan Teknologi untuk Perangi Rasisme

Twitter @eredivisie
Logo Eredivisie

 

TIGA klub kompetisi teratas Belanda, Eredivisie, ambil bagian dalam pilot project untuk menggunakan teknologi, termasuk kecerdasan buatan, untuk mengidentifikasi dan memerangi aksi rasisme oleh pendukung.

PSV Eindhoven, Feyenoord, dan PEC Zwolle telah memulai tiga program berbeda yang didesain untuk memerangi perilaku antisosial, termasuk nyanyian rasis.

"Solusi ini tengah dikebangkan dan diuji di tiga stadion. Proyek keempat kemungkinan akan dimulai pada tahun ini," ujar Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Baca juga: Schreuder Gantikan Ten Hag di Ajax

"Setelah setahun, akan diketahui bagaimana teknologi ini akan membantu mengidentifikasi rasisme dan diskriminasi serta menangkap para pelakunya," lanjut federasi itu.

Metode yang digunakan ketiga stadion itu pun berbeda-beda.

Di PSV, yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan teknologi Belanda Philips, kamera dan alat perekam akan mengukur aksi pendukung dalam pertandingan dengan timbal balik yang akan memotivasi pendukung untuk lebih bersuara selama pertandingan.

Program komputer menggunakan kecerdasan buatan akan bisa mendeteksi teriakan sehingga petugas bisa melihat apa yang terjadi, ungkap KNVB.

Di Zwolle, yang berada di timur Belanda, pendukung akan datang ke stadion dengan tiket di ponsel mereka, yang bisa diunduh melalui aplikasi. Aplikasi itu juga akan mengionfomasikan mengenai kondisi di dalam dan sekitar stadion.

Belanda telah bertahun-tahun memerangi rasisme dari kelompok pendukung, terutama yang berasal dari yel-yel dan di media sosial. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Instagram @justinhubner5

Wolves Perpanjang Kontrak Hubner

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:00 WIB
Hubner, yang saat ini sedang menjalani proses naturalisasi untuk dapat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), akan berada di Wolves sampai...
AFP/CRISTINA QUICLER

Menang di Kandang Betis, Barcelona Mantapkan Posisi di Puncak Klasemen La Liga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:50 WIB
Tim Catalan itu meningkatkan tekanan terhadap peringkat kedua klasemen Real Madrid, yang akan menjamu Valencia, Jumat (3/2) dini hari WIB,...
AFP/Pascal GUYOT

Kalahkan Montpellier, PSG Makin Kokoh di Puncak Klasemen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:32 WIB
Namun laga melawan Montpellier itu diwarnai oleh cedera yang dialami Kylian Mbappe, yang di laga itu gagal mengeksekusi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya