Kamis 14 April 2022, 15:53 WIB

Timnas Futsal Putra Akhirnya Dikirim ke SEA Games

Widhoroso | Sepak Bola
Timnas Futsal Putra Akhirnya Dikirim ke SEA Games

DOK MI
Ilustrasi

 

TIMNAS futsal putra Indonesia akhirnya akan tampil di SEA Games 2021. Hal tersebut setelah tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) memberikan rekomendasi.

Sebelumnya, timnas futsal putra Indonesia tidak masuk daftar cabang olahraga (cabor) yang didaftarkan ke SEA Games 2021. Akibatnya sempat terjadi polemik dan masyarakat mengecam absennya Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan.

Kondisi tersebut tak lepas dari penampilan garang yang ditunjukkan timnas futsal Indonesia pada Piala AFF Futsal 2022. Dalam ajang tersebut pasukan Mohammad Hashemzadeh tersebut hampir saja juara. Sayang, pada final, timnas futsal Indonesia dikalahkan Thailand lewat adu penalti dengan skor 3-5. Di waktu normal dan babak tambahan laga kedua negara bermain imbang 2-2.

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof. Moch Asmawi di mana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu futsal putra, itu hasil reviu," kata Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021 Ferry J. Kono, dikutip laman resmi Kemenpora.

Ferry mengatakan pihak bakal berkomunikasi dengan penyelenggara SEA Games 2021. Hal tersebut dilakukan karena timnas futsal Indonesia butuh melakukan akreditasi untuk bisa bertanding dalam ajang tersebut. "Akreditasi akan kami lakukan karena memang khusus untuk sepakbola, dia menyiapkan sistem undian di awal," ucapnya.

Sementara ketua tim review PPON Asmawi menyatakan rekomendasi diberikan karena data dan rekam jejak timnas futsal Indonesia yang oke. Diperkuat dengan pencapai runner-up di Piala AFF Futsal 2022.

"Ini yang menjadi lebih penguatan kami. Kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan, kami memberikan rekomendasi untuk tim futsal putra," ucap Asmawi.

Selain itu, Asmawi menegaskan tim futsal putri Indonesia tidak berpartsipasi pada SEA Games 2021. Meski para pemain sudah melakukan pemusatan latihan di Bandung sejak beberapa pekan lalu. (Goal/OL-15)

 

Baca Juga

OLGA MALTSEVA / AFP

Karim Benzema Berpeluang Raih Ballon d'Or

👤 Akmal Fauzi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 11:13 WIB
Penyerang Prancis itu menjadi pencetak gol terbanyak kedua 'Los Blancos' sepanjang masa dan dianggap layak untuk meraih Ballon...
Twitter @PSSI

Bekuk Myanmar, Indonesia Melaju ke Final AFF U-16

👤Ant 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:57 WIB
Di final, Indonesia akan melawan Vietnam pada Jumat (12/8) di Stadion Maguwoharjo,...
AFP

Barcelona Terancam Kehilangan Chrostensen dan Kessie

👤Widhoroso 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:45 WIB
DUA pemain baru Barcelona, Andreas Christensen dan Franck Kessie bisa sama-sama pergi secara gratis jika klub tidak mampu mendaftarkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya