Jumat 16 Juli 2021, 09:38 WIB

Italia Berencana Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028 Atau Piala Dunia 2030

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Italia Berencana Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028 Atau Piala Dunia 2030

AFP/Alberto PIZZOLI
Presiden FIGC Gabriele Gravina

 

ITALIA mempertimbangkan kesempatan untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030. Hal itu disampaikan federasi sepak bola Italia (FIGC).

Hal itu disampaikan Presiden FIGC Gabriele Gravina dalam jumpa pers, Kamis (15/7), selepas rapat dewan perdana seusai Italia menjadi juara Piala Eropa 2020.

"Kami akan mengevaluasi opsi menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030, yang akan bertepatan dengan peringatan seabad turnamen paling bergengsi sedunia itu," kata Gravina sebagaimana dikutip dari laman resmi FIGC.

Baca juga: Saka Tuding Perusahaan Medsos tidak Serius Cegah Pelecehan Rasisme

Ia lantas mengajak, "Mari mengajukan pencalonan tuan rumah Piala Eropa terlebih dahulu, sesudahnya kita pikirkan turnamen yang berikutnya."

Guna mewujudkan rencana tersebut, Gravina menyebut Italia perlu menempuh langkah serius dengan mengucurkan dana untuk perbaikan kondisi stadion di negara itu terlebih dahulu.

Gravina juga mengungkapkan kesuksesan Italia di atas lapangan dibarengi dengan tambahan pemasukan FIGC berkat tiga pertandingan Grup
A dan satu laga perempat final Piala Eropa 2020 yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma.

"Berkat Piala Eropa, FIGC mengumpulkan 28,25 juta euro. Ditambah pendapatan dari kesepakatan komersial, secara keseluruhan ada tambahan pemasukan sekira 36 juta euro bagi FIGC," katanya.

Bila maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Eropa 2028, Italia bakal bersaing dengan Turki yang sudah menyatakan pencalonan serta Romania-Yunani-Bulgaria-Serbia yang mengajukan sebagai tuan rumah bersama.

Untuk Piala Dunia 2030, selain Romania-Yunani-Bulgaria-Serbia, terdapat juga Spanyol-Portugal, Uruguay-Argentina-Cile-Paraguay, dan Maroko.

Baru-baru ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sempat mengungkapkan dukungan atas wacana pencalonan Britania Raya dan Rep Irlandia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Instagram @pssi

Timnas Putri Senang Kalahkan Singapura di Kualifikasi Piala Asia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 08:30 WIB
Timnas sepak bola putri Indonesia berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Singapura pada laga leg pertama Kualifikasi Piala Asia Putri 2022...
Twitter @PSSleman

PSS Siap Hadapi Motivasi Berlebihan Madura United

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 06:45 WIB
Antonic menekankan kepada anak asuhnya untuk tetap percaya diri menghadapi laga kontra Madura United, sebagaimana kala menghadapi Arema...
MI/Seno

KDB, Ake, dan False Nine

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 25 September 2021, 06:00 WIB
TIDAK bisa disangkal, salah satu pelatih terbaik dunia ialah Josep...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rivalitas Sengit Menjadi Panglima

PERSAINGAN antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto makin sengit.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya